nusabali

Pemkab Karangasem Gelar Bimtek Yoga

  • www.nusabali.com-pemkab-karangasem-gelar-bimtek-yoga

Pemkab Karangasem melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Karangasem menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang 10 manfaat yoga.

AMLAPURA, NusaBali

Kegiatan ini diikuti 90 peserta berasal dari utusan delapan kecamatan. Usai memaparkan teori, instruktur langsung ajak peserta praktek yoga. Tujuannya agar peserta cepat paham beragam gerakan yoga beserta manfaatnya.

Bimtek Yoga dibuka Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, di aula Kampus STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Agama Hindu Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (30/3).

Ada 10 manfaat yoga yakni mengurangi stres, meningkatkan kebugaran, mengatasi masalah kesehatan, mengatasi sakit punggung, meringankan efek setelah mabuk, mengurangi masalah asma, melatih kesabaran, relaksasi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan gairah hubungan intim. "Yoga itu merupakan kombinasi olahraga fisik, mental, dan spiritual. Jika ditekuni mampu mendapatkan kesehatan secara menyeluruh," jelas Gusti Ngurah Kartika.

Dikatakan, jika rutin berlatih yoga, fisik jadi bugar, kesehatan jasmani terjaga, dan pikiran  lebih tenang. "Maka sangat cocok untuk orang-orang yang mengalami gangguan stres, kondisi rohaninya bisa pulih kembali," katanya. Disebutkan, olahraga yoga semakin berkembang di masyarakat. Yoga berasal dari bahasa sansekerta yuj yang berarti sarana menyatukan diri. Yoga sesungguhnya memiliki tiga arti berbeda, samadhi yujyate artinya penyerapan, yunakti artinya menghubungkan, dan yujyanti artinya pengendalian.

Tiga instruktur yang memberikan materi selama bimtek yoga yakni Ida Bagus Suta Susila dari STKIP Agama Hindu, I Ketut Budiarta dari praktisi yoga, dan I Wayan Putu Susila dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem. Ida Bagus Suta Susila yang memberikan materi dasar-dasar yoga, berlanjut praktek. Peserta diwajibkan mengikuti gerakan-gerakan surya namaska, asanas berdiri, asanas jongkok dan asanas tidur. "Semua orang pasti bisa melaksanakan dasar-dasar yoga ini. Jika telah mampu melakukan gerakan itu, nantinya ditingkatkan dengan gerakan lain, yang lebih sulit," jelasnya.

Ida Bagus Suta Susila mengingatkan bagi para pemula agar melakukan gerakan asanas berulang-ulang. Diawali gerakan surya namaska, selanjutnya gerakan asanas satu persatu. Jika telah mampu melakukan gerakan asanas yang satu, maka berlanjut asanas berikutnya. Gerakan itu sangat sederhana, tetapi menyebabkan tubuh jadi sehat, kuat, dan bugar. Di samping juga mampu digunakan untuk menurunkan berat badan. "Jangan lupa usai melakukan gerakan yoga, lakukan gerakan pendinginan dengan gerakan savasana," pintanya. *k16

Komentar