nusabali

Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Dua Palinggih

  • www.nusabali.com-hujan-deras-pohon-tumbang-timpa-dua-palinggih

Sebatang pohon Tangi tumbang menimpa dua pelinggih di Pura Luhur Gunung Banjar Ngis, Desa Jegu, Kecamatan Penebel, Tabanan pada Sabtu (30/3) malam.

TABANAN, NusaBali

Akibatnya, Palinggih Menjang Seluang dan Palinggih Gedong Penyimpanan hancur. Pohon belum dievakuasi oleh BPBD Tabanan karena warga setempat masih melakukan upacara guru piduka.  

Informasi yang dihimpun, pohon tumbang menimpa dua palinggih pertama kali diketahui oleh warga, kemudian dilaporkan ke pamangku Pura Luhur Gunung I Wayan Subadi. Pohon tumbang diperkirakan terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 22.00 Wita akibat diguyur hujan deras. Kondisi Palinggih Menjang Seluang rusak berat dan Palinggih Gedong Penyimpanan bagian atas hancur hingga miring.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika, menjelaskan bahwa pada Minggu pagi kemarin tim TRC telah mengecek ke lokasi. Yang tumbang tersebut dahan pohon Tangi. “Dahan yang tumbang ukurannya sedang sehingga sampai membuat dua palinggih rusak,” ungkapnya, Minggu (31/3).

Dengan kejadian itu pihaknya sudah menyarankan pangempon membuat proposal untuk diajukan supaya mendapatkan bantuan. Nanti setelah proposal diajukan, ada verifikasi lagi ke lapangan yang dilakukan oleh tim BPBD. “Untuk sementara, saya sudah laporkan ke pimpinan saya,” imbuh Trisna.

Menurut Trisna, pamangku dan krama Banjar Ngis sudah melakukan upacara guru piduka akibat robohnya dua palinggih. Setelah melakukan guru piduka baru akan dilakukan evakuasi dahan pohon yang menimpa dua palinggih. “Tadi (kemarin) belum kami lakukan evakuasi karena pihak banjar belum melakukan proses upacara guru piduka. Rencana evakuasi besok (hari ini),” tandas Trisna. *des

Komentar