nusabali

Sekolah Pertajam Upaya Bebas Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-sekolah-pertajam-upaya-bebas-sampah-plastik

HUT Ke-30 SMPN 2 Kubutambahan

SINGARAJA, NusaBali
Memasuki usia ke-30 tahun SMPN 2 Kubutambahan, Buleleng, terus berpacu untuk menjadi sekolah terbaik di Buleleng. Pada puncak perayaan HUT ke-30, Sabtu (30/3), SMP yang berlokasi di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan ini menetapkan branding sekolah berbasis lingkungan, olahraga dan Seni. Warga sekolah tahun ini menggenyot upaya dengan misi sekolah bebas sampah plastik.

Kepala SMPN 2 Kubutambahan Nyoman Tirtayasa SPd MPd saat puncak perayaan HUT itu, mengatakan keberadaan SMPN 2 Kubutambahan di mata masyarakat sudah tak asing lagi. Pada usia yang tak lagi muda, ia mengajak seluruh warga sekolah untuk terus memacu semangat menjadi sekolah unggulan. Dari pemetaan dan potensi anak didiknya disepakati, branding yang diunggulkan adalah bidang lingkungan, olahraga, dan seni tanpa mengabaikan bidang akademik. “Setelah kami lihat potensi anak didik, lebih cendrung ke non akademik. Seperti olahraga, kami punya banyak atlet di cabor atletik, bola voli, sepak takraw, dan bela diri. Sehingga kami sepakat mengangkat branding bidang olahraga, seni, dan lingkungan,” jelasnya.

Mengkhusus soal lingkungan, jelas Tirtayasa, seluruh warga sekolah sedang melatih diri untuk membiasakan tanggap terhadap sampah plastik. Warga sekolah juga dibiasakan peka dan peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar. Hal itu digambarkan dengan sejumlah kegiatan serangkaian HUT ke-30. Seperti gebyar kebersihkan memungut sampah plastik, penataan taman sekolah, dan penanaman pohon. “Kami sedang menuju menjadi sekolah Adi Wiyata dengan penerapan green school dan sedang berjalan dengan pembenahan lingkungan,” imbuhnya.

Puncak HUT ke-30 SMPN 2 Kubutambahan dirayakan dengan sederhana melalui acara potong tumpeng. Acara dimeriahkan hiburan dari kreativitas siswa dan guru setempat. Sebelumnya juga digelar sejumlah lomba untuk memeriahkan perayaan HUT ini. *k23

Komentar