nusabali

Jokowi dan Prabowo Sama-sama Siap

  • www.nusabali.com-jokowi-dan-prabowo-sama-sama-siap

Capres Jokowi mengatakan, jika ditanya soal data oleh rivalnya Prabowo, maka dia akan mengeluarkannya.

Debat Capres Keempat Digelar Malam Ini

JAKARTA, NusaBali
Debat keempat Pilpres yang mempertemukan Capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto akan dilangsungkan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) malam ini. Debat mengangkat tema pertahanan-keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan internasional. Kedua kandidat capres ini pun mengklaim diri siap dan menguasai materi debat.

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak ada persiapan khusus untuk debat keempat melawan Prabowo Subianto untuk Pilpres 2019.

Untuk persiapan debat, Jokowi menanggapi santai. Dia mengatakan kepada wartawan lihat saja penampilannya dalam debat nanti. "Dilihat saja besok malam, dilihat saja besok malam. Apa sih yang harus disiapkan?" kata Jokowi ditemui wartawan usai salat Jumat di Masjid Baitussalam, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3).

Saat ditanya apakah dalam debat nanti dia akan banyak bicara soal data kinerja pemerintahan, Jokowi tak banyak bicara. Dia mengatakan, jika ditanya soal data oleh Prabowo, maka dia akan mengeluarkannya. "Ya tergantung pertanyaannya, kalau enggak ditanya data masa dikeluarin data," ujar Jokowi.

Jokowi sendiri mengaku tak melakukan simulasi untuk debat keempat kali ini. Dia mengatakan simulasi hanya pernah dilakukan di awal masa debat bersama pendampingnya, Cawapres KH Ma'ruf Amin.

"Enggak lah, dulu awal-awal itu aja dengan Kiai Ma'ruf kita melakukan simulasi, biasa saja," katanya. Terpisah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyatakan sang capres sudah siap menghadapi debat keempat Pilpres. BPN menyebut tema debat keempat merupakan makanan sehari-hari Prabowo.

"Ini kan materi hari-harian Pak Prabowo ya. Beliau alhamdulillah sudah sangat menguasai dan beliau akan siap menghadapi debat hari Sabtu nanti," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, di kantor Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat kemarin.

Materi debat keempat diketahui meliputi tema pertahanan-keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan internasional. Andre mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Prabowo. Alasannya, Prabowo terus berkeliling untuk berkampanye akbar.

"Ya, sambil jalan, beliau hari ini ke Karawang dan Bogor ya. Insyaallah beliau akan mempersiapkan diri lah," ujarnya dilansir detik.com. Dia pun mengatakan Prabowo akan tampil santun di debat capres yang diselenggarakan pada, Sabtu malam nanti. Andre menyebut Prabowo tidak akan menyerang sang rival, yaitu Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau akan apa adanya, santun, dan beliau tidak akan menyerang. Beliau fokus menyampaikan program-program yang akan dibawa pasangan 02 saja, tanpa perlu menyerang Pak Jokowi," ucap Andre. "Karena bagi Pak Prabowo, kita kan berdebat serta kampanye pilpres ini berlomba-lomba dalam kebaikan. Bukan berlomba-lomba untuk menyerang Pak Jokowi," imbuh dia.

Debat keempat pemilihan presiden (pilpres) 2019 sesuai jadwal akan digelar pada Sabtu, 30 Maret 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Tema debat tersebut adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat berkebalikan dengan debat ketiga yang digelar pada, Minggu (17/3) lalu. Jika debat ketiga melibatkan calon wakil presiden (cawapres) nomor 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, maka debat keempat akan kembali menghadirkan calon presiden (capres). Joko Widodo sebagai petahana akan beradu gagasan dengan Prabowo Subianto. Debat keempat ini akan disiarkan di Metro TV, SCTV, dan Indosiar. *

Komentar