nusabali

33 Kandidat Lolos Seleksi Eselon II

  • www.nusabali.com-33-kandidat-lolos-seleksi-eselon-ii

Peringkat 3 besar masing-masing posisi jabatan akan diwawancarai Gubernur Koster, untuk dipilih salah satunya sebagai pejabat Eselon II

Akademisi ISI Ranking Teratas Calon Kadis Kebudayaan Bali


DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 33 kandidat dinyatakan lolos seleksi untuk perebutan 11 posisi jabatan Eselon II Pemprov Bali, melalui proses lelang (seleksi terbuka). Para peraih peringkat 3 besar di posisinya masing-masing ini nantinya akan diwawancarai langsung Gubernur Bali Wayan Koster, untuk dipilih salah satunya menjadi pejabat Eselon II.

Nama peringkat 3 besar masing-masing posisi jabatan Eselon II yang diperebutkan ini diumumkan Tim Seleksi (Timsel) di bawah pimpinan Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Kamis (28/3) petang. Ada pun 33 kandidat yang lolos seleksi itu diperah dari total 70 orang yang ikut proses lelang. Mereka telah bertarung dalam sesi rekam jejak, assesement, wawancara, dan karya tulis yang digelar Timsel Pejabat Eselon II Pemprov Bali, selama dua pekan terakhir.

Yang menarik, dari 33 kandidat yang lolos seleksi itu, termasuk di antaranya I Wayan Adnyana, akademisi asal Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Wayan Adnyana berhasil tembus ranking teratas dalam perebutan kursi jabatan Kadis Kebudayaan Provinsi Bali, dengan total nilai 77,10. Dia menungguli dua pejabat dari internal Pemprov Bali yang lolos seleksi, masing-masing Ida Ayu Nyoman Candrawati (menempati ranking kedua dengan nilai 75,04) dan I Ketut Adi Saskarayasa (ranking ketiga dengan nilai 74,60).

Wayan Adnyana merupakan satu-satunya akademisi yang lolos seleksi calon Kadis Kebudayaan. Semula, namanya tidak dijagokan, karena bukan birokrat dari internal Pemprov Bali. “Wayan Adnyana lolos seleksi terbuka dengan menduduki ranking satu untuk calon Kadis Kebudayaan. Ini lelang terbuka dan dia memenuhi syarat. Dia mendapatkan izin dari lembaga atau pimpinannya,” ungkap anggota Timsel Jabatan Eselon II yang juga Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Provinsi Bali, I Ketut Lihadnyana, kepada NusaBali, Kamis kemarin.

Yang juga mengejutkan adalah lolosnya Dewa Nyoman Rai Dharmadi untuk perebutan kursi jabatan Kasat Pol PP Provinsi Bali. Dewa Rai Dharmadi merupakan putra dari anggota Fraksi Demokrat DPRD Bali Dapil Klungkung, Ngakan Made Samudra. Karier Dewa Darmadi cukup meroket sejak duduk di Biro Humas & Protokol Setda Provinsi Bali. Dalam seleksi calon Kasat Pol PP ini, Dewa Dharmadi menduduki ranking teratas, disusul Ida Bagus Putu Adinatha dan I Gusti Agung Ngurah Partama.

Sedangkan untuk perebutan kursi Sekwan DPRD Bali, ada dua pejabat internal Sekretariat Dewan yang lolos seeleksi. Mereka adalah Gede Suralaga dan I Gusti Agung Ayu Ekaputri Kusumayoni. Gede Suralaga tembus ranking teratas, sedangkan Ayu Ekaputri di posisi runner-up. Mereka mengatasi AA Istri Alit Agung di peringkat ketiga. Suralaga dan Ayu Ekaputri digadang-gadang sebagai kandidat kuat calon Sekwan, karena berasal dari internal Setwan DPRD Bali.

Sementara, untuk seleksi calon Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, AA Ngurah Sutha Diana menduduki ranking teratas    dengan nilai 85,18. Sutha Diana mengatasi IB Surja Manuaba (yang berada di posisi kedua dengan nilai 79,55) dan Made Ady Mastika (peringkat tiga/77,06).

Kursi Karo Humas dan Protokol saat ini sedang lowong, setelah pejabat sebelumnya, Dewa Gede Mahendra Putra, dialihkan menjadi Kadis Sosial Provinsi Bali, dua bulan lalu. Saat ini, Plt Karo Humas dan Protokol dirangkap oleh Karo Umum Setda Provinsi Bali, I Gede Darmawa.

Untuk kursi calon Karo Hukum dan HAM Setda Provinsi Bali, peringkat 3 besar dalam seleksi menampilkan Ida Bagus Gede Sudarsana, I Komang Hendri Lesmana, dan I Wayan Badung Adiyasa. Sementara 3 besar calon Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah adalah I Ketut Sukra Negara, I Wayan Sumarjaya, dan Putu Yupi Wahyundari.

Sedangkan 3 besar calon Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali meloloskan Made Sudarsana, I Made Dwi Surya Astawa, dan I Gusti Ngurah Badiwangsa. Untuk calon Kadis Ketahanan Pangan, peringkat 3 besar menampilkan I Wayan Jarta, Nyoman Suastika, dan Lanang Aryawan.

Selanjutnya, peringkat 3 besar calon Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bali meloskan Putu Anom Agustina, I Dewa Tagel Wirasa, dan I Wayan Eka Dina. Peringkat 3 besar calon Kadis Perhubungan adalah I Gede Samsi Gunartha, I Made Rai Ridartha, Standly Juwono Edwi Suwandhi. Sebaliknya, peringkat 3 besar calon Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP Provinsi Bali adalah Gede Pramana, Dewa Ayu Puspa Dewi, dan Ngakan Putu Kirim.

Ketut Lihadnyana menyebutkan, 33 kandidat yang lolos 3 besar untuk perebutan 11 kursi jabatan Eselon II Pemprov Bali ini selanjutnya akan berproses melalui Gubernur Bali selaku user (pemakai). Mereka akan diwawancarai langsung Gubernur Wayan Koster, terutama menyangkut visi misi jabatan yang dilamar sesuai dengan visi misi Gubernur-Wakil Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. “Nanti Gubernur akan menentukan nama yang lolos untuk ditetapkan dan dilantik sebagai pejabat Eselon II,” tandas Lihadnyana.

Kapan nama 3 besar masing-masing posisi ini akan dijukan ke Gubernur? “Ya, hari ini (kemarin) juga kami sampaikan. Yang jelas, ini prosesnya transparan. Artinya, setiap sesi kita umumkan prosesnya. Timsel sudah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi. Proses selanjutnya ada di tangan Gubernur,” papar birokrat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng yang juga merangkap sebagai Plt Kadis PMD Provinsi Bali ini. *nat

Komentar