nusabali

Sudah 6 Bulan 12 Hektare Sawah di Akah Krisis Air

  • www.nusabali.com-sudah-6-bulan-12-hektare-sawah-di-akah-krisis-air

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, meninjau saluran irigasi jebol di Subak Desa Akah, Tempek Pekarangan, di lingkungan Banjar Sangging, Desa Pakraman Akah, Kecamatan Klungkung, Rabu (27/3).

SEMARAPURA, NusaBali
Didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, Perbekel (Kepala Desa) Akah, I Nyoman Sujati.

Kelian Subak Desa Akah, I Wayan Sukra, mengatakan saluran irigasi subak ini jebol sejak 9 September 2018 lalu sepanjang 40 meter. Selama 6 bulan pasca jebol Subak Tempek Pekarangan ini sama sekali tidak berfungsi dan tidak bisa mengairi lahan sawah dengan luas 12 haktare," ujarnya.

Diharapkan ke depan pemerintah bisa mengkaji lebih lanjut agar saluran irigasi subak ini bisa kembali beroperasi. Wabup Kasta langsung menugaskan dinas terkait untuk mengkaji agar saluran irigasi subak ini bisa cepat diperbaiki. “Saya sudah tugaskan dinas terkait terlebih dahulu memasang pipa dam semoga tidak ada halangan agar air cepat bisa kembali mengalir,” ujarnya.

Wabup Kasta juga meminta agar krama subak maupun masyarakat yang rumahnya dekat dengan jebolnya saluran irigasi tersebut bisa lebih berhati-hati, terutama yang berada di atasnya. Karena situasi di areal lokasi masih sangat rawan. *wan

Komentar