nusabali

Jokowi Kuasai Jawa, Prabowo Sumatera

  • www.nusabali.com-jokowi-kuasai-jawa-prabowo-sumatera

Survei Terbaru Charta Politika Jokowi-Ma’ruf Tetap Unggul

JAKARTA, NusaBali

Charta Politika mengeluarkan hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019 berdasarkan pemetaan kekuatan pasangan capres-cawapres. Hasilnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di 7 dari 9 wilayah yang menjadi sampel. Sementara keseluruhan survei menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma’ruf dengan elektabilitas 53,6 % mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 %.

"Dari segi wilayah, Jokowi-Ma'ruf unggul di hampir semua wilayah, kecuali di wilayah Sumatera, di mana Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya di kantornya, Jalan Cisanggiri III, Jakarta, Senin (25/3).

Survei ini dilaksanakan pada 1-9 Maret 2019 dengan wawancara tatap muka terhadap 2.000 responden di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19% dan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei itu, Prabowo-Sandi memperoleh suara 48,3% di Sumatera, sedangkan Jokowi-Ma'ruf meraih 43,3%. Yunarto menyebut kekuatan terbesar Prabowo di Sumatera ada di Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. "Daerah tempur ada di Sumut, Jambi, Bengkulu, dan Babel," ujarnya dilansir detik.com. Terkait kekuatan di Jawa, Jokowi masih kuat di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di wilayah itu mencapai 68%.

Sementara secara keseluruhan Charta Politika merilis hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019. Hasil survei menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pada pengujian tingkat elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipilih oleh 53,6 % mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 %," kata Yunarto Wijaya.

Charta Politika mencatat kedua pasangan capres-cawapres mengalami kenaikan suara dibandingkan survei sebelumnya. Dalam survei yang dilakukan pada Januari, Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 53,2 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 34,1 persen. Selain itu, jika dilakukan ekstrapolasi pasangan Jokowi-Ma'ruf tetap unggul. Ekstrapolasi elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mencapai 60 persen. *

loading...

Komentar