nusabali

Bupati Suwirta Perlebar Jalan Bias Munjul

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-perlebar-jalan-bias-munjul

Jadikan Pendukung Pelabuhan Segitiga Mas

SEMARAPURA, NusaBali

Rombongan Pemkab Klungkung meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas di Pelabuhan Bias Munjul, Dusun Ceningan Kangin, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Rombongan dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama instansi terkait, Minggu (24/3).

Bupati Suwirta menyatakan nantinya Pelabuhan Bias Munjul akan dijadikan pusat pelabuhan di Pulau Lembongan dan Ceningan. Pelabuhan ini akan menjadi nadi perekonomian masyarakat setelah dibangunnya pelabuhan segitiga emas. Guna menunjang pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas, Bupati Suwirta meminta mulai merencanakan infrastruktur pelebaran jalan menuju pelabuhan. Jalan setempat akan diperlebar menjadi 8 meter, termasuk bahu jalan masing-masing semeter di setiap sisi. Selain itu, membuat akses jalan alternatif di beberapa titik guna mengantisipasi kemacetan transportasi darat yang meningkat. "Semua boat nanti akan terpusat di Pelabuhan Bias Munjul, sehingga Bias Munjul akan menjadi pusat perekonomian yang penting bagi masyaraakat. Makanya harus ditunjang akses jalan yang memadai," ujarnya.

Bupati Suwirta juga minta perencanaan pelebaran jalan itu tidak ditunda-tunda, dan dapat dimulai dengan APBD Perubahan 2019 dan tahun 2020 sudah penataan. "Saya perintahkan pihak desa dan Dinas PU untuk melaksanakan pembebasan lahannya, sehingga tahun 2020 sudah bisa turunkan alat berat untuk merapikan," ungkapnya.

Bupati Suwirta juga meninjau rencana pembuatan tanggul pantai di sebelah selatan Jembatan Kuning. Bupati minta Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Klungkung untuk merealisasikan tanggul yang perencanaan sudah selesai. Sehingga abrasi di perairan Ceningan yang lebih parah dapat dicegah. Bupati juga meminta aset tanah pemerintah di sekitar Pulau Ceningan untuk disertifikatkan hingga dapat ditata menjadi areal parkir dan sebagainya.*wan

loading...

Komentar