nusabali

Optimalkan Pembinaan Jelang OSN SMP Provinsi

  • www.nusabali.com-optimalkan-pembinaan-jelang-osn-smp-provinsi

Jelang OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMP Tingkat Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu (13/4), pembinaan untuk 9 siswa pilihan dioptimalkan.

AMLAPURA, NusaBali

targetnya lolos ke OSN Nasional 2019. Walau persaingannya dirasakan cukup berat menghadapi utusan dari kabupaten/kota se-Bali. Sejumlah guru pembina melakukan pembinaan di tiga mata pelajaran untuk para pemenang OSN SMP Tingkat Kabupaten Karangasem di Aula Kantor Disdikpora Karangasem, di Lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Sabtu (23/3).

Sementara kalangan siswa menanggung beban, ditarget menang. Tetapi, hal itu membuat sejumlah siswa termotivasi. Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana yang turut memantau pembinaan siswanya, juga berharap di OSN Tingkat Provinsi Bali, bisa menang agar mampu lolos ke OSN Nasional. "Ketentuan OSN kali ini berubah, pertama siswa diloloskan berdasarkan passing grade, kedua siswa lolos berdasarkan rangking. Jadi ada dua peluang untuk bisa lolos ke OSN Nasional," katanya.

Lolos berdasarkan ranking katanya, tanpa melihat passing grade. "Jadi peluangnya lebih terbuka untuk lolos ke OSN Nasional," tambahnya.

SMPN 2 Rendang sendiri saat OSN Kabupaten Karangasem memenangkan dua nomor, masing-masing mata pelajaran IPA atas nama Ni Komang Trisna Narindra Suari skor 94, dan nomor lomba mata pelajaran IPS atas nama I Kadek Jana skor 115.

Pembina mata pelajaran IPA I Wayan Suriasa, juga mengatakan, peluang untuk lolos ke OSN Nasional, lebih terbuka. Sebab, ada dua jalur, yakni jalur passing grade dan ranking. "Bisa saja lolos ke OSN Nasional nanti lebih banyak, asalkan skor siswa masuk passing grade. Jika tidak masuk passing grade, hanya mampu meloloskan melalui ranking," katanya.

Siswa yang ikut pembinaan itu, adalah yang keluar sebagai juara I, juara II dan juara III OSN SMP Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan, di SMPN 2 Amlapura, Sabtu (16/3).

Siswa lainnya yang ikut pembinaan, adalah berasal dari SMPN 2 Amlapura yang memenangkan di nomor lomba Matematika atas nama I Gede Sadhu Surya Guna skor 76. Juara II dan III nomor itu: I Made Lingga Trisna Dinata dari SMPN 1 Rendang skor 64 dan I Wayan Wedana Heri Prayoga dari SMPN 3 Bebandem skor 56.

Sedangkan juara II dan III mata pelajaran IPA: I Kadek Ditya Mahesa Putra dari SMPN 2 Amlapura skor 92 dan Made Sukadana dari SMPN 2 Sidemen skor 90. Pemenang juara II dan III mata pelajaran IPS: Nyoman Andhi Tri Indra Natha dari SMPN 2 Amlapura skor 110 dan Nyoman Bayu Rusdyana Krisna dari SMPN 1 Manggis skor 106.

"Sesuai ketentuan, ada 9 siswa yang lolos, ke OSN SMP Tingkat Provinsi Bali," jelas Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika.

Pembinaan sendiri berlangsung sejak 20 Maret hingga 12 April, masing-masing mata pelajaran dibina dua guru senior, yakni: pembina Matematika I Made Tawi dan I Wayan Widnyana, pembina IPS adalah AA Sri Mirah Novayanti dan I Dewa Gede Pranata, dan IPA dibina I Wayan Suriasa dan I
Putu Setiabudi. *k16

loading...

Komentar