nusabali

Dinas LHK Pasrahkan Pemeliharaan Sejumlah Taman ke Rekanan

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-pasrahkan-pemeliharaan-sejumlah-taman-ke-rekanan

Pada tahun anggaran 2019, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung menggelontor anggaran Rp 1,2 miliar untuk pemeliharaan sejumlah taman.

MANGUPURA, NusaBali

Saat ini kegiatan pemeliharaan taman tersebut telah masuk tahap tender di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

“Pemeliharaan sejumlah taman dengan total anggaran Rp 1,2 miliar, melibatkan pihak rekanan. Jadi, nanti pemenang tender bertanggung jawab penuh untuk pemeliharaan. Misal, ada lampu taman padam, rekanan yang akan mengganti. Begitu juga kalau ada kerusakan air mancur, rekanan yang akan memperbaiki,” kata Kepala Dinas LHK Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan, Minggu (24/3).

Sejumlah taman yang pemeliharaannya melibatkan pihak rekanan meliputi Taman Kota Hanoman Sempidi, Taman Telajakan sepanjang Pantai Kuta-Legian, Taman Intersection Uluwatu II, dan Taman Median dari Selatan Underpass Ngurah Rai – Utara Jembatan Jimbaran.

Kendati begitu, bukan berarti Dinas LHK lepas tangan begitu saja. Menurut Merthawan, staf dari Dinas LHK tetap membantu memelihara untuk yang sifatnya konvensional, seperti menjaga kebersihan taman. Sementara, untuk yang terkait teknis diserahkan kepada pihak rekanan.

Disinggung kenapa tidak semua taman tercover, Merthawan menyatakan beberapa taman yang ada di Badung sudah swakelola, baik dengan desa maupun pihak swasta. “Seperti di areal Patung Dewa Ruci dan Patung Taman Satrya Gatotkaca atau Patung Kuda, sudah ada pihak ketiga yang mengerjakan,” ujarnya.

Sejauh ini, tender pemeliharaan sejumlah taman yang telah dibuka sejak 18 Maret 2019, telah diminati oleh 14 rekanan. Tender bakal ditutup pada 28 Maret 2019 mendatang. *asa

loading...

Komentar