nusabali

21 Siswa Pemenang OSN SMA Dibina di Sekolah

  • www.nusabali.com-21-siswa-pemenang-osn-sma-dibina-di-sekolah

Sebanyak 21 siswa yang keluar sebagai juara I, II dan III Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tingkat Kabupaten Karangasem, melakukan pembinaan di sekolah masing-masing jelang OSN SMA Tingkat Provinsi Bali di Denpasar, Selasa (9/4).

AMLAPURA, NusaBali

SMAN 2 Amlapura merupakan peserta terbanyak meloloskan siswa ke OSN SMA provinsi, selain memborong semua gelar juara I di 9 mata pelajaran, juga lolos karena beberapa siswa ada yang keluar sebagai juara II dan juara III.

"Jelang OSN SMA Tingkat Provinsi, kami melaksanakan pembinaan di sekolah, guru pengajar sendiri yang membina. Kami telah terbiasa mewakili Karangasem dengan jumlah terbanyak, hanya berharap agar ada yang lolos ke OSN Nasional," harap Kasek SMAN 2 Amlapura, I Nengah Miyasa di SMAN Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Sabtu (23/3).

OSN SMA Tingkat Provinsi Bali 2019, menurut Kasek I Nengah Miyasa, lebih optimis mampu meloloskan siswa ke OSN Nasional. Apalagi peluangnya nanti melalui dua jalur, lewat passing grade dan ranking.

"Kali ini lebih optimis, mampu meloloskan siswa ke OSN Nasional, kami tidak merasa bangga hanya lolos ke OSN SMA Tingkat Provinsi," katanya.

Paling tidak setelah mampu menang di Provinsi Bali, berarti kualitas pendidikan di Karangasem mampu bersaing di Tingkat Provinsi Bali.

Sebelumnya digelar OSN SMA Tingkat Kabupaten di SMAN 2 Amlapura, Sabtu (27/2), di 9 mata pelajaran. Semua gelar juara I dimenangkan SMAN 2 Amlapura, yakni Astronomi dimenangkan I Kadek Pasek Kusuma Adi Putra skor 43, Biologi dimenangkan Sang Putu Adhi Deva Erawan skor 122, Ekonomi dimenangkan Erika Rahmawati skor 91,7, Geografi dimenangkan Nengah Selandin Tyas Pangestika skor 143, Kebumian dimenangkan Ida Ayu Jelantik Ari Paramitha skor 32, Fisika dimenangkan I Made Angga Sayoga skor 10, Kimia dimenangkan I Komang Indra Gupta Yogiswara skor 71,5, Matematika dimenangkan I Made Diatmika Adnyana skor 17 dan Komputer dimenangkan I Komang Surya Adinandika skor 43.

Bahkan di nomor mata pelajaran Kimia, ketiga gelar juara dimenangkan SMAN 2 Amlapura, juara II atas nama Dewa Agung Ayu Indaswari Pramesti skor 55,5 dan juara III dimenangkan Putu Ayu Aryanda Parawidyaningsih skor 42,5.

Selebihnya pesertanya berasal dari beberapa SMA Negeri di Karangasem yang keluar sebagai juara II dan juara III, dalam seleksi sebelumnya.

Salah satu siswa yang lolos dari SMAN Bebandem, karena keluar sebagai juara III mata pelajaran Matematika. "Ya, kami meloloskan satu siswa ke OSN SMA Tingkat Provinsi," jelas Kasek SMAN Bebandem I Ketut Marta Ariana.

Saat seleksi OSN SMA Tingkat Kabupaten, diikuti 18 SMA/MA Negeri dan swasta, melibatkan 327 siswa, masing-masing: Astronomi 29 sisa, Kebumian 32 siswa, Geografi 43 siswa, Fisika 34 siswa, Matematika 42 siswa, Biologi 34 siswa, Kimia 33 siswa, Komputer  34 siswa, dan Ekonomi 45 siswa. *k16

loading...

Komentar