nusabali

Kejuaraan Gateball Jadi Ajang Pemanasan Pra PON

  • www.nusabali.com-kejuaraan-gateball-jadi-ajang-pemanasan-pra-pon

Turnamen Open Gateball dimanfaatkan sebagai ajang pemanasan Pra PON.

DENPASAR, NusaBali
Kejuaraan yang memperebutkan Piala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 8 (BBPJN 8) itu dimulai Sabtu (23/3) hingga Minggu (24/3) di Taman Jepun, Denpasar Timur.

Kejuaraan diikuti perwakilan dari 22 provinsi di Indonesia, dengan jumlah 73 tim. Bahkan beberapa provinsi mengutus timnya 2-4 tim gateball. Kebanyakan tim bayangan Pra PON di masing-masing provinsinya. Kejuaraan dibuka Kepala BPJN 8, Ketut Darmawahana ditandai dengan pemukulan bola.

"Mau tidak mau, ini ajang pemanasan Pra PON. Lihat saja atlet yang dikirim masing-masing di provinsi. Pemain terbaik dikategori yang diikuti," ucap Ketua Panitia Turnamen, Dewa Putu Susila.

Pria yang juga Sekum Pergatsi Bali mengatakan, turnamen selama dua hari ini mempertandingkan tiga kategori. Mulai double campuran, triple campuran dan beregu campuran. Ketiga kategori ini merupakan bagian nomor atau kategori yang dipertandingkan di PON Papua.

Menurut pria yang juga caleg DPRD Provinsi Bali itu, di PON Papua ada lima kategori yang dipertandingkan. Dari jumlah itu tiga diantaranya dipertandingkan dalam turnamen di Bali ini.

"Hanya dua kategori PON yang tidak dipertandingkan. Triple putra dan beregu putra. Makanya saya katakan ini ajang pemanasan Pra PON. Event yang bagus untuk mengasah kemampuan atlet gateball Bali," kata Dewa Putu Susila.

Selaku panitia dia sangat mengapresisi pihak peserta. Yang tembus 530 peserta dari 73 tim Gateball di seluruh Indonesia. "Dari 34 Provinsi yang ambil bagian 22 Provinsi. Ada beberapa Provinsi yang absen. Seperti minus NTT, Maluku, Sultra, dan Lampung. Sedangkan peserta dari Bali ada 80 atlet gateball yang diterjunkan. Jumlah itu kebanyakan dari tim bayangan Pra PON Gateball Bali.

"Bisa dikatakan Bali turun dengan kekuatan penuh. Untuk mengukir prestasi terbaiknya. Dan, Bali memang membidik tiga emas di PON Papua dari lima emas yang dipertandingkan," papar Dewa Putu Susila.

Soal rival berat diakui dari Sulawesi ada tim Manado. Karena disana didukung event banyak dan perkembangan gateballnya memang pesat. Tapi dia bersyukur event besr ini bisa dihelat di Bali. "Bali menurunkan 10 tim. 6 tim mengatasnamakan Pergatsi Bali. Dan, itu nama nama unggulan tim Pra PON," kata Dewa Putu Susila. *dek

loading...

Komentar