nusabali

Depay Gemilang, Belanda Pesta Gol

  • www.nusabali.com-depay-gemilang-belanda-pesta-gol

Tim-tim papan atas Eropa berjaya pada Kualifikasi Piala Eropa 2020, Jumat (22/3) dinihari WITA.

ROTTERDAM, Nusa Bali
Diantaranya, Belanda menang besar 4-0 atas tamunya Belarusia. Belgia menang 3-1 atas Rusia, Kroasia menang susah payah atas Azerbaijan 2-1.

Belanda menang 4-0 atas Belarusia pada laga perdana Grup C . Memphis Depay menjadi bintang kemenangan Tim Orange, dengan mencetak hattrick di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Belanda, Belanda langsung unggul sejak menit pertama. Depay langsung mencatatkan namanya di papan skor.

Hasil ini jadi awal manis Belanda di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tim besutan Ronald Koeman itu sementara memuncaki Grup C dengan tiga poin. Selanjutnya, Belanda akan menghadapi Jerman di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (25/3) dinihari WITA.

Berawal dari kesalahan Igor Shitov melakukan backpass, bola dicuri Depay di kotak penalti. Depay lantas mengecoh kiper kiper Andrey Gorbunov. Meski dari sudut sempit, bola mengarah tepat ke gawang. Belanda unggul 1-0.

Belanda kembali mencetak gol kedua pada menit ke-21 melalui  Georginio Wijnaldum dan membawa Belanda memimpin 2-0, Pada menit ke-55, tuan rumah memperbesar keunggulan 3-0. Pelanggaran Mikhail Sivakov di kotak terlarang berbuah penalti, yang dieksekusi Depay dengan baik.

Belanda menutup pesta kemenangannya di menit ke-86. Dari sepak pojok, Depay mengirim bola yang bisa ditanduk Virgil van Dijk. Belanda unggul 4-0 hingga akhir laga.

Sementara runner up Piala Dunia 2018, Kroasia, dipaksa kerja keras mengalahkan Azerbaijan 2-1 pada laga pertama Grup E di Stadion Maksimir, Jumat (22/3) dinihari WITA. Meski menang, Kroasia tidak mengawali pertandingan dengan mudah.

Pasalnya Azerbaijan mengusung strategi defensif yang mengejutkan Kroasia. Di menit ke-19, Azerbaijan mencuri gol untuk memimpin 1-0. Gol balasan Kroasia terlahir di penghujung turun minum. Borna Barisic membawa Kroasia menyamakan 1-1 di menit ke-44.

Ivan Perisic menyundul bola hasil sepak pojok yang diteruskan dengan sundulan Duje Caleta-Car dari mulut gawang.

Setelah restart, Bai United lebih banyak mendominasi meski sulit menembus pertahanan lawan. Kebuntuan Kroasia terpecah di menit ke-79.

Dengan kemenangan ini Kroasia menempati peringkat kedua klasemen sementara grup dengan tiga poin di bawah Slovakia. Azerbaijan di urutan empat tanpa poin.

Sedangkan Belgia memulai kiprah dengan kemenangan atas Rusia. Eden Hazard mencetak dua gol untuk membantu Belgia menang 3-1,  di Stadion Roi Baudouin, Jumat. Belgia mengambil inisiatif menyerang di awal laga.

Kemenangan ini membuat Belgia kini menempati peringkat ketiga di Grup I. Mereka kalah produktivitas gol dari Kazahktan dan Siprus meski sama-sama mengumpulkan poin tiga. Sementara Rusia tepat menempati posisi keempat.*

Komentar