nusabali

Bupati Kukuhkan ST Dwi Genta Darma Sandi

  • www.nusabali.com-bupati-kukuhkan-st-dwi-genta-darma-sandi

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Ketua Karang Taruna Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha mengukuhkan  ST (Sekaa Teruna) Genta Dwi Darma Sandi di Bale Banjar Tengah, Desa Pakraman Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (21/3) malam.

AMLAPURA, NusaBali
ST Genta Dwi Darma Sandi berasal dari Banjar Tengah Kaler dan Banjar Tengah Kelod dengan anggotanya 80 orang. Terpilih sebagai ketua, I Gusti Putu Sugiarta. Gusti Sugiarta mengatakan pengukuhan dilakukan setelah pendataan anggota dan adanya AD-ART, termasuk menyusun program kerja. "Dalam program kerja itu juga kami menyusun ketentuan, bagi yang berhalangan hadir di acara gotong royong atau kegiatan sosial lainnya ada sanksi denda. Hal itu kami lakukan untuk mengikat persatuan dan kesatuan manyama braya di internal kalangan pemuda agar tetap optimal kehadirannya di setiap kegiatan," jelasnya.

Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengingatkan terpenting menjaga persatuan dan kesatuan antar kaum muda. "Krama Desa Pakraman Subagan bersatu seperti ini, itu yang baik, sebagai modal pembangunan di tingkat desa," ungkapnya. Pengukuhan dihadiri Kelian Banjar Adat Tengah Kaler I Gusti Putu Murdita, Kelian Banjar Adat Tengah Kelod I Gusti  Made Geria, Kepala Lingkungan Tengah Cok Istri Kumala Dewi, Camat Karangasem Cok Alit Surya Prabawa, dan undangan lainnya.

Ketua Karang taruna Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha dalam sambutannya juga mengapresiasi semangat persatuan dan kesatuan yang dibangun di dua banjar hingga terbentuk ST Dwi Genta Darma Sandi. "Kita merasa bangga memiliki dasar negara Pancasila telah mampu mempersatukan warga Indonesia. Begitu juga di lingkungan banjar kita mesti bersatu. Persatuan itu telah diwujudkan malam ini, dari kedua banjar terbentuk sekaa teruna," katanya.

Dikatakan, sekaa teruna merupakan organisasi kepemudaan berbasis kearifan lokal yang tujuannya untuk mendukung terwujudnya sistem tata kelola pemerintahan desa yang baik. Kaum muda di dalam wadah sekaa teruna itulah yang berperan aktif mengisi pembangunan desa. Sekaa teruna juga sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas kalangan remaja berbakat, sebagai tempat melestarikan budaya  dan tradisi yang ada di desa. "Semua aktivitas dilakukan sekaa teruna sifatnya ngayah mendukung kegiatan desa pakraman," jelasnya.

Disebutkan sesuai Permensos Nomor 83 /HUK/2015, tentang Karang Taruna, tujuan lain dari pembentukan sekaa teruna adalah menumbuhkembangkan semangat sosial di masyarakat, mencegah, menangkal, dan menanggulangi masalah sosial. "Kami dari Karang Taruna Karangasem sangat mengapresiasi terbentuknya sekaa teruna dan siap bekerjasama untuk kemajuan organisasi pemuda yang ada di desa," tambahnya. *k16

Komentar