nusabali

Memangsa Ayam, Ular Sanca Ditangkap Warga

  • www.nusabali.com-memangsa-ayam-ular-sanca-ditangkap-warga

Warga seputaran Jalan Gunung Agung, Lingkungan/Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Jembrana, dihebohkan kemunculan seekor ular sanca dengan panjang sekitar 2,5 meter, karena  kepergok memangsa dua ekor ayam, Kamis (21/3) malam.

NEGARA, NusaBali

Ular yang diduga sudah berulang kali memangsa ayam milik warga sekitar, itu langsung ditangkap warga. Ular diserahkan kepada seorang pawang ular agar tidak kembali membuat resah warga di lingkungan sekitar. Kepala Lingkungan (Kaling) Loloan Timur, Muztahidin, Jumat (22/3), mengatakan, ular sanca yang tertangkap Kamis (21/3) sekitar pukul 22.30 Wita itu, memang sengaja dikejar warga setelah ditemukan memangsa dua ekor ayam milik salah satu warga sekitar, Bahrudin,70. Ular sanca yang tepatnya berhasil ditangkap di kandang ayam belakang rumah pemilik ayam itu, diduga memang tinggal di lokasi sekitar, yang dekat kawasan sungai mati. “Memang di sekitar sungai mati belakangan pemukiman warga itu, sering ada ular. Kebetulan, kemarin dilihat ular sanca yang baru saja memangsa ayam warga, ya akhirnya dikejar massa, dan ditangkap,” ujarnya.

Beberapa hari sebelumnya, kata Muztahidin, sejumlah warga sekitar, juga sering kehilangan ayam, dan diduga telah dimangsa ular sanca di  sekitar sungai mati tersebut. Penangkapan ular sanca di dekat sekitar tukad mati itu, juga sudah bebesra kali dilakukan, namun tetap saja muncul ular sanca lainnya. “Duluan juga pernah beberapa kali tertangkap. Panjangnya rata-rata hampir sama. Biasanya, kalau sudah lihat ular, warga biasa langsung menghubungi warga kami yang memang dikenal sebagai pawang ular bernama Pak Kunyit, dan biasanya dia yang langsung nangkap. Tetapi ular yang kemarin, yang tangkap dua pemuda di sini, baru diserahkan sama Pak Kunyit untuk diamankan,” ucapnya.

Selain ular sanca, di sekitar sungai mati belakang pemukiman sejumlah warga itu, juga diduga banyak terdapat ular dengan bisa mematikan, salah satunya ular hijau. Ketika sudah terlihat, ular-ular yang kerap memangsa ayam, selalu berusaha ditangkap. Dan kalau sudah membahayakan, barulah terpaksa dibunuh. “Tetapi kalau memungkinkan ditangkap, ya lebih sering ditangkap,” pungkasnya. *ode

Komentar