nusabali

Klungkung Rintis Jegeg Bagus Wira Usaha

  • www.nusabali.com-klungkung-rintis-jegeg-bagus-wira-usaha

Jegeg Bagus Klungkung tidak akan terpaku pada konsep pemilihan di Provinsi Bali.

SEMARAPURA, NusaBali
Pemilihan Jegeg Bagus Klungkung tahun 2019 akan dirangkaikan dengan event Festival Semarapura IV tahun 2019 pada 28 April mendatang. Terkait itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memanggil para pengurus Pemilihan Jegeg Bagus Klungkung dan Dinas Pariwisata Klungkung keruang kerjanya, Jumat (22/3).

Pemanggilan ini terkait keinginan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta untuk menambahkan satu gelar kategori Jegeg Bagus  Klungkung 2019 yakni Jegeg Bagus Enterpreneur. Jegeg Bagus Enterpreneur (kewirausahaan) yang terpilih nanti akan mengikuti kegiatan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pemkan Klungkung utamanya yang menyasar pada generasi muda. ‘’Dalam masa karantinanya, seluruh kontestan Jegeg Bagus akan dibekali ilmu enterpreneur olah sejumlah motivator,”  jelas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, ide tersebut muncul didasarkan pada keadaan di lapangan. Dimana banyak generasi muda yang tidak bekerja padahal memiliki fisik yang sehat dan kuat. Dirinya mengaku saat melakukan program bedah desa di sejumlah desa, banyak ditemukan anak anak muda yang tidak memiliki motivasi untuk bekerja dan berusaha. Mereka lebih memilih menganggur dan menggantungkan hidupnya kepada orang tua dan pemerintah sebagai KK miskin.

Dengan berkolaborasi dengan Yowana Gema Santi di masing masing desa, Jegeg Bagus Enterpreneur terpilih nantinya akan dilibatkan dalam program pengembangan SDM Pemkab Klungkung dalam mengubah pola pikir para anak muda dari KK miskin untuk bangkit dan mencoba berusaha.

“Saya ingin para Jegeg Bagus dan para alumninya lebih aktif, ikut berperan dalam setiap kegiatan Pemkab Klungkung. Jangan hanya mengikuti proses pemilihan saja, namun terus lah berperan dalam setiap program Pemkab karena akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan sebagai bekal ke ajang yang lebih tinggi, “ ujar Bupati asal Nusa Ceningan, Nusa Penida ini.

Salah seorang perwakilan panitia Jegeg Bagus Klungkung Made Maha Dwija Santya mengakui selama ini Jegeg Bagus belum diberdayakan secara optimal. Setelah selesai pemilihan dan berlaga di tingkat Provinsi Bali, tidak ada dilibatkan dalam  kegiatan oleh Dinas Pariwisata. Berkat dorongan dari Bupati Suwirta, pihaknya mengaku akan mengaktifkan organisasi Jegeg Bagus Klungkung untuk dalam sejumlah kagiatan Pemkab.

Dalam pagelaran tahun ini, jelas dia, selain memperebutkan gelar Jegeg dan Bagus Klungkung, juga akan diperebutkan gelar Jegeg Entrepreneurship Klungkung dan Bagus Entrepreneurship Klungkung. Gelar baru ini akan menggantikan gelar atribut Jegeg Bagus persahabatan dan favorit.

Ditambahkan pula, pada pemilihan tahun ini, pihaknya akan mengangkat tema entrepreneurship. Seluruh rangkaian pemilihan akan menitikberatkan pada sisi entrepreneurship. “Jegeg Bagus Klungkung tidak akan terpaku pada konsep pemilihan di Provinsi Bali. Jegeg Bagus akan fokus mengundang narasumber yang bisa menanamkan jiwa entrepreneurship pada peserta. Selain itu, para kontestan akan diajak untuk menemui tokoh-tokoh Klungkung yang mewakili jiwa entrepreneurship. ‘’Dengan itu, para peserta tidak terpaku menerima ilmu dalam ruangan, melainkan juga bisa merasakan dengan seluruh indera mereka bagaimana ekosistem para entrepreneur,” ujar Made Maha Dwija Santya. *wan

Komentar