nusabali

Lelang Dua Jabatan Ditunda

  • www.nusabali.com-lelang-dua-jabatan-ditunda

Kesibukan songsong HUT Kota Singaraja dan persiapan kontestasi Pemilu 2019 menjadi alasan dua kursi Eselon II-B belum diisi.

Kadistan dan Kesbangpol Masih Diisi Plt

SINGARAJA, NusaBali
Rencana lelang dua jabatan, yakni, posisi Kepala Dinas Pertanian (Distan) dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) lingkup Pemkab Buleleng, terpaksa ditunda dengan alasan politik. Sedianya kedua jabatan eselon II-B itu dileleng Maret 2019, agar terisi secepatnya.

Kedua jabatan, Kadis Pertanian dan Kaban Kesbangpol, selama beberapa bulan ini kosong karena pejabat sebelumnya digeser dalam mutasi. Semula Kadis Pertanian dijabat Nyoman Genep yang kemudian digeser menduduki Kepala Bappeda Litbang. Sedangkan Kaban Kesbangpol yang tadinya dijabat Putu Dana, digeser ke Dinas Satpol PP. Kedua jababatan memang dibiarkan kosong karena akan diisi melalui sistem lelang.

Untuk melaksanakan roda kepemimpinan, kedua jabatan dipercayakan kepada masing-masing Sekretaris Dinas dan Badan sebagai Plt. Rencananya, tahapan lelang sudah dimulai awal Maret 2019 ini. Namun, hingga memasuki awal Maret, belum ada tanda-tanda persiapan tahapan lelang atas kedua jabatan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM ((BKPSDM) Buleleng, I Gede Wisnawa, Jumat (22/3) mengatakan, lelang kedua jabatan itu sengaja ditunda karena banyak kegiatan kepemerintahan di bulan Maret sampai April. Pertama, kegiatan yang cukup padat serangkaian HUT Kota Singaraja ke-415, yang jatuh pada 30 Maret 2019. Bersamaan dengan kegiatan HUT Kota Singaraja, pada April 2019 ini juga berlangsung tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden Wakil Presiden (Pilpres).

Suasana di masa transisi pemerintahan di pusat dan legislatif itu kembali dikhawatirkan akan menganggu jalannya tahapan lelang jabatan, sehingga Bupati memerintahkan lelang jabatan ditunda. Diperkirakan, lelang akan digulirkan setelah hajatan politik mendatang. “Pak Bupati sudah menginstruksikan kepada kami bahwa lelang jabatan Kadis Pertanian dan Kepala Badan Kesbangpol ditunda. Takutnya kalau dijalankan di bulan ini tidak efektif karena berhalangan dengan kesibukan pemerintah menyambut HUT Kota dan sebulan lagi Pemilu, sehingga pertimbangan itu membuat lelang jabatan ditunda,” jelasnya.

Menurut Wisnawa, penundaan tersebut tidak sampai menganggu administasi pemerintahan di dua posisi tersebut. Karena kedua jabatan itu sudah ditunjuk Plt, masing-masing Sekdis Pertanian Made Sumiarta sebagai Plt Kepala Dinas Pertanian, kemudian Sekban Kesbangpol, I Komang Sumerta Jaya ditunjuk sebagai Plt Kepala Kesbangpol. Batas waktu penugasan plt juga tidak dibatasi, sehingga kondisi ini dipastikan tidak menghambat tugas-tugas di kedua instanasi itu. “Tidak ada masalah karena sudah ditunjuk plt dan tidak ada batasan waktu, sehingga keduanya akan diganti setelah ada hasil lelang jabatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, jika lelang jabatan digelar, akan diawali dengan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) di kabupaten. Pansel ini kemudian mulai bekerja diawali dengan pengumuman persyaratan lelang jabatan. Selain itu, pansel juga ditugaskan untuk menerima pendaftaran sesuai jadwal yang disusun. Setelah itu, tahapan berikutnya akan dilakukan dengan seleksi yang melibatkan assessor dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional X, dan Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN).  “Nanti tahapannya dibuat oleh pansel kabupaten, diawali pengumuman syarat, pendaftaran dan seleksi,” tegasnya. *k19

loading...

Komentar