nusabali

Tahapan Pemilihan Rektor Undiksha Mandeg

  • www.nusabali.com-tahapan-pemilihan-rektor-undiksha-mandeg

Masih Tunggu Timeline dari Pusat

SINGARAJA, NusaBali
Tahapan akhir pemilihan calon rektor Undiksha hingga saat ini belum ada kejelasan. Tahapan pemilihan calon rektor  terhenti hingga pemilihan tiga besar calon rektor yang dilaksanakan pada 16 Januari lalu. Hal tersebut membuat jadwal pemilihan dan penetapan calon rektor yang sesuai jadwal dilaksanakan akhir Januari lalu molor.

Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Rektor Undiksha, Prof Dr Nyoman Dantes, Kamis (21/3), menjelaskan jika mandeknya tahapan pemilihan rektor Undiksha disebabkan belum turunnya timeline dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemneristekdikti) RI.

“Timeline dari pusat yang belum datang. Nanti Pak Menteri yang akan memberikan waktu tanggal dan waktunya kapan. Karena menteri atau perwakilannya harus hadir dalam pemilihan itu untuk memberikan suara,” jelas Dantes.

Ia pun mengaku tak mengetahui secara jelas apa penyebab belum diturunkannya penjadwalan dari Kemenristekdikti. Padahal surat pengajuan pemilihan rektor Undiksha masa jabatan 2019-2023 sudah dikirim sebulan yang lalu. Lalu apakah mandegnya tahapan pemilihan rektor berpengaruh pada stabilitas pengelolaan Undiksha?

Menurut Dantes hal itu bisa saja berdampak sistemik, jika jadwal pemilihan rektor tahap akhir terus diundur. Meksipun begitu Dantes menyakini kementerian sejauh ini sudah memperhitungkan semua hal. “Minimal dua minggu sebelum masa jabatan berakhir sudah ada pemilihan. Bagusnya kan begitu masa jabatan berakhir ada pelantikan. Tapi kami belum terima penjadwalannya dari pusat, semoga saja sebelum masa jabatan berakhir 13 April ini sudah ada pemilihan,” kata Dantes. Jika hingga tanggal 13 April di akhir masa jabatan rektor lama yang diisi oleh Dr I Nyoman Jempel belum ada pemilihan akhir, kementerian sesuai peraturan akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Plt Rektor Undiksha.

Sementara itu terkait pemilihan akhir seluruh prosesnya akan dilaksanakan di Undiksha. Dalam pemilihan yang melibatkan tiga calon yang lolos dalam seleksi pemaparan visi misi Januari lalu, yakni Dr Gede Sudirtha SPd MPd, Dr Gusti Ngurah Pujawan MKes dan calon incumbent Dr I Nyoman Jampel, akan dipilih oleh 38 senat dan belasan dari kementerian.*k23

Komentar