nusabali

Wisman Ramai Kunjungi Pasar Badung

  • www.nusabali.com-wisman-ramai-kunjungi-pasar-badung

Para pedagang tampak antusias menyambut kedatangan Jokowi. Mereka bahkan berharap bisa bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Jelang Diresmikan Presiden Jokowi


DENPASAR, NusaBali
Pasar Badung menjelang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (22/3) sore, kini kembali mendapat kunjungan dan sambutan positif dari wisatawan mancanegara, antara lain dari rombongan wisatawan Jerman yang terpesona dengan pasar rakyat tersebut.

"Saya pertama kali ke Bali dan melihat pasar yang istimewa ini, bangunannya megah, bersih dan pedagangnya sangat ramah. Ini luar biasa," kata Barbara, salah seorang wisatawan asal Jerman tersebut saat ditemui di Pasar Badung, Kamis (21/3) siang.

Barbara lebih lanjut mengatakan bahwa pihaknya sangat kagum melihat pembeli yang membawa tas sendiri untuk berbelanja. "Tadi saya lihat ada yang membeli pisang dan dia membawa tas sendiri, ini juga kebiasaan yang sangat baik," ujarnya.

Setelah mengetahui bahwa itu adalah kebijakan Walikota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakilnya Jaya Negara terkait dengan Perwali Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Barbara semakin kagum dengan kebijakan yang sangat penting dan berdampak untuk banyak orang bahkan dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Dezire Mulyani sangat senang karena keberadaan Pasar Badung menjadi salah satu pilihan untuk berkunjung. "Ini tentu sesuatu hal yang positif dan semakin memperkenalkan Pasar Badung sebagai 'Heritage Market' kepada dunia internasional," ujarnya.

Kadis Dezire Mulyadi lebih lanjut mengatakan langkah tersebut adalah bagian dari upaya promosi pariwisata Kota Denpasar. "Di sebelah Pasar Badung juga ada pesona Sungai Taman Kumbasari yang menjadi daya tarik wisata di tengah kota, begitu halnya dengan adanya 'Dokar Heritage City Tour', Museum Bali dan pesona wisata lainnya yang siap memanjakan para wisatawan," ucap dia.

Fasilitator kunjungan, I Ketut Budiarta mengatakan Pasar Badung dipilih sebagai salah satu tempat kunjungan, karena hampir 24 jam ada transaksi jual-beli. "Selain itu ini pasar rakyat yang terbesar di Bali, dan paling bersih jadi kami mengajak wisatawan ke sini, jumlahnya ada enam rombongan," katanya.

Sementara itu, para pedagang di Pasar Badung tampak antusias dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan pasar mereka. Salah satunya bahkan membeli baju baru untuk dipakai menyambut Jokowi. "Senang sekali mau ketemu Presiden, sampai beli kaus tulisan Jokowi tapi nggak kepake karena besok harus pakai baju adat," kata Made Nuryati.

Dia mengaku sudah berencana bersalaman dan berharap bisa bertatap muka langsung dengan Jokowi. "Sudah pasti pengin salaman," ujarnya sembari menyunggingkan senyum.

Pedagang rempah-rempah di lantai satu itu mengaku senang akhirnya bisa kembali berjualan di pasar. Sebab, dia merasa nyaman dengan pasar baru ini. "Dulu di (lapak) Tiara Grosir saya dapat tempat paling belakang dan bocor, jualan saya rugi. Sekarang senang, astungkara dapat di depan, rezeki sudah ada yang atur," tuturnya. *ant, mis

Komentar