nusabali

Hari ini, Pasar Badung Diresmikan Jokowi

  • www.nusabali.com-hari-ini-pasar-badung-diresmikan-jokowi

Dihadiri 7.500 Orang, Jalan Gajah Mada Disterilkan 6 Jam

DENPASAR, NusaBali

Pasar Badung di Jalan Gajah Mada Denpasar akan diresmikan Presiden Jokowi, Jumat (22/3) sore ini. Kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar pun akan disterilkan selama 6 jam, mulai siang pukul 13.00 Wita hingga malam pukul 19.00 Wita.

Sejumlah menteri dijadwalkan akan hadir mendampingi Presiden Jokowi saat pe-resmian Pasar Badung sore ini, sepert Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dan Menteri Koperasi & UKM, AA Gede Ngurah Puspayoga. Presiden Jokowi di-agendakan tiba di Pasar Badung, Jumat sore pukul 17.00 Wita, dengan disambut langsung Gubernur Bali Wayan Koster dan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawi-jaya Mantra. Selain itu, ada atraksi Tari Pendet 2.000 Penari di Jalan Gajah Mada Denpasar yang menyambut kedatangan Jokowi.

Peresmian Pasar Badung akan dilakukan Jokowi, ditandai dengan penandatangan-an prasasti. Setelah peresmian, Jokowi akan diajak meninjau Lantai I Pasar Badung dan sekaligus penulisan impression 'Jaga Pasar Kita' pada mural tembok pasar. Habis itu, Jokowi diajak menyaksikan mural Coffee Painting di Tukad Badung, sebelah barat Pasar Kumbasari.

Gladi bersih penyambutan Presiden Jokowi sudah digelar di seputar Pasar Badung, Kamis (21/3). Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, juga sempat me-mantau langsung gladi tersebut, termasuk persiapan atraksi Tari Pendet 2.000 Pe-nari. Walikota Rai Mantra terjun dengan didampingi Sekda Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara.

Walikota Rai Mantra menyebutkan, pihaknya mengundang 7.500 orang untuk ha-diri acara grand opening Pasar Badung, sore ini. Undangan tersebut, termasuk para siswa SMA/SMK penari Pendet sebanyak 2.000 orang, siswa dari sekolah umum sebanyak 2.500 orang, krama banjar dan pamangku sebanyak 3.000 orang, ditam-bah anggota DPRD Kota Denpasar dan instansi lainnya. Sebagian undangan terse-but memiliki kaitan erat dengan pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Mereka, antara lain, kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Denpasar, Lembaga Perkereditan Desa (LPD), perbekel/lurah, Kelian Desa Pakraman, Kelian Banjar Adat, pedagang pasar, Forum Pasar, utusan Dekopinda,” tandas Rai Mantra.

Rai Mantra menegaskan, Pasar Badung ke depannya diharapkan menjadi pusat pe-ngembangan ekonomi kerakyatan yang berbudaya, dengan tetap memberikan be-ragam fasilitas tradisional, walaupun pasarnya dibangun pakai konsep modern. “Pasar rakyat yang direvitalisasi dengan melengkapi beragam fasilitas yang mum-puni, diharapkan mampu meningkatkan harkat dan martabat para pedagang untuk memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” ujar Rai Mantra.

Sementara itu, kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar akan disterilkan selama 6 jam, mulai siang pukul 13.00 Wita hingga malam pukul 19.00 Wita, terkait peresmian Pasar Badung. Selain Jalan Gajah Mada Denpasar, sejumlah ruas jalan di sekitar Pasar Badung juga akan disterilkan dari kendaraan. Antara lain, Jalan Thamrin Denpasar, Jalan Sulawesi Denpasar, Jalan Ternate Denpasar, Jalan Kalimantan Denpasar, dan Jalan Gunung Kawi Denpasar. Terkait sterilisasi ini, maka akan dilakukan pengalihan arus lalulintas.

Arus lalulintas dari arah Jalan Hasanuddin Denpasar menuju Jalan Thamrin Den-pasar akan dialihkan jadi satu arah menuju Jalan Gunung Batukaru Denpasar, langsung ke Jalan Gunung Merapi Denpasar. Sedangkan arus lalulintas dari arah Jalan Sutomo Denpasar menuju Jalan Gajah Mada Denpasar, akan dialihkan ke Jalan Kumbakarna Denpasar, lurus hingga Jalan Jalan Arjuna Denpasar. Sebaliknya, pengendara dari arah Jalan Diponegoro Denpasar akan diarahkan jadi satu ke Jalan Udayana Denpasar.

"Kami akan lakukan pengalihan arus lalulintas secara bertahap, mulai besok (hari ini) siang pukul 13.00 Wita. Sore pukul 15.00 Wita, harus sudah steril semua. Se-bab, undangan sudah hadir pukul 15.00 Wita," ungkap Sekretaris Dinas Perhubu-ngan Kota Denpasar, Ketut Sriawan, Kamis kemarin.

Selain pengalihan arus lalulintas, kata Sriawan, pihaknya juga menyediakan kan-tong-kantong parkir bagi pengendara. Lokasi parkir itu tersebar di Sentral Parkir Lokita Sari Denpasar, kawasan Lapangan Puputan Denpasar, kawasan Jalan Kres-na Denpasar, dan Jalan Veteran Denpasar. “Masyarakat bisa memarkir kendaraan-nya di kantong-kantopr parkir yang sudah disediakan, jika ingin menuju acara pe-resmian Pasar Badung,” jelas Sriawan.

Menurut Sriawan, pihaknya juga meminta permakluman bagi masyarakat yang merasa perjalanannya terganggu karena penutupan jalan ini. Sebab, acara grand opening Pasar Badung akan melibatkan sedikitnya 7.500 orang. Termasuk 2.000 penari yang akan atraksi Tari Pendet massal untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Jalan Gajah Mada Denpasar.

Ada pun 2.000 penari Pendet yang disiapkan menyambut kedatangan Presiden Jo-kowi tersebut berasal dari 34 SMA/SMK se-Kota Denpasar. Rinciannya, SMA Ne-geri sebanyak 11 sekolah, SMA swasta sebanyak 4 sekolah, serta SMK Negeri dan Swasta sebanyak 11 sekolah. Selain itu, SMA PGRI dari 8 sekolah juga mengerah-kan 1.000 penari. Mereka sudah gladi bersih di Jalan Gajah Mada Denpasar, Kamis kemarin.

Sriawan menyebutkan, pihaknya juga menempatkan personel di titik-titik yang kemungkinan akan dilalui rombongan Presiden Jokowi. Sejauh ini, jalur kedata-ngan Presiden Jokowi belum diketahui, sehingga pihaknya tetap menyiapkan personel di titik-titik persimpangan.

Pasar Badung senilai Rp 61,80 miliar telah diupacarai pamelaspas pada Saniscara Umanis Sungsang, Sabtu, 22 Desember 2018 lalu. Pasar Badung dibangun dengan 6 lantai. Berbagai fasilitas penunjang seperti lift dan eskalator disiapkan untuk ke-nyamanan pedagang dan pengunjung Pasar Badung. Sesuai Detail Engineering Design (DED), ada 5 lift dan 10 eskalator dipasang dari lantai dasar hingga lantai V.

Dari 5 lift tersebut, 4 unit di antaranya merupakan lift angkutan orang yang dihu-bungkan langsung dari basement hingga Lantai V. Sedangkan 1 lift khusus digunakam untuk angkutan barang. Sementara untuk 10 unit eskalator, dipasang dari lantai I hingga lantai V. Dalam satu lantai masing-masing menggunakan sepasang eskalator naik dan turun.

Total seluruh kios dan los yang tersedia di Pasar Badung mencapai 1.740 unit, de-ngan daya tampung parkir 128 mobil dan 23 mobil bok. Seluruh pedagang lama Pasar Badung (sebelum terbakar) yang jumlahnya mencapai 1.698 orang, dipastikan akan tertampung. *mi

Komentar