nusabali

Kepala Puskesmas II Denbar Berbagai Tips

  • www.nusabali.com-kepala-puskesmas-ii-denbar-berbagai-tips

Sabet Puskesmas Terbaik Nasional

DENPASAR, NusaBali

Puskesmas II Denpasar Barat (Denbar) berhasil meraih penghargaan sebagai puskesmas terbaik di tingkat Nasional. Keberhasilan ini juga membuat Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) mendaulat Kepala Puskesmas II Denbar, dr Lanawati sebagai keynote speaker dalam semiloka nasional di Nusa Dua Convention Center, Rabu (20/3).

Dalam semiloka bertema ‘Percepatan Pembentukan PPK BLUD, Pelaksanaan SPM Kesehatan Terbaru dan Penjaminan Mutu Fasyankes dalam Implementasi JKN’ tersebut, dr Lanawati, berbagi tips dalam peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur. Disamping itu berbagai inovasi telah dilakukan sehingga mengantarkan Puskesmas II Denbar meraih prestasi tingkat nasional. Inovasi yang telah dilakukan Puskesmas II Denbar meliputi program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) dan paguyuban diabetes.

Lebih lanjut dr Lanawati mengatakan, setiap tahun pihaknya mendapatkan evaluasi rutin dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Pada akhirnya, tahun ini Puskesmas II Denbar kembali meraih predikat Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional yang mana tiga tahun sebelumnya juga meraih predikat yang sama.

Bahkan prestasi yang diraih ini merupakan predikat juara I nasional kategori Puskesmas Perkotaan. Indikator penilaian pun meliputi manajemen puskesmas (perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian, serta pemantauan, pengawasan dan pertanggungjawaban), pengelolaan keuangan, SDM, obat, alat kesehatan, lingkungan, sarana prasarana pendukung, pelayanan yang bermutu, keterlibatan serta lintas sektor, pemberdayaan masyarakat, dan inovasi-inovasi pelayanan untuk mencapai target program yang telah ditetapkan. “Disamping meraih predikat Puskesmas Berprestasi, Puskesmas II Denpasar Barat juga lulus akreditasi Paripurna Tingkat Tertinggi. Pun, prestasi Puskesmas II Denbar ini merupakan perolehan satu-satunya yang diraih perwakilan Bali”, pungkasnya.   *mi

Komentar