nusabali

Ratusan Kilometer Jalan di Bangli Rusak Berat

  • www.nusabali.com-ratusan-kilometer-jalan-di-bangli-rusak-berat

Panjang jalan kabupaten Bangli 966,727 kilometer, 219 kilometer rusak berat. Jalan rusak sedang sepanjang hampir 9 km.

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli melakukan perbaikan secara bertahap dengan program hotmik. Sebagian besar jalan rusak berat ada di kecamatan Kintamani. Kerusakan dipengaruhi faktor geografis. Perbaikan jalan menggunakan dana rutin.

Sekretaris Dinas PU Bangli, I Made Soma, mengatakan tahun ini anggaran dana rutin sebesar Rp 1 miliar. Perbaikan jalan berdasarkan skala prioritas, terutama menyasar jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan dan kerusakannya kurang dari 15 persen. Rincian anggaran yang dihabiskan tidak lebih dari Rp 50 juta. Made Soma menyebutkan, ruas jalan Lumbuan Desa Sulahan tembus Dusun Serai, Desa Tiga yang putus akan diperbaiki tahun ini. Perbaikan juga menyasar ruas jalan di Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Dusun Selati Desa Bunutin, Desa Tamanbali, dan Desa Puludu, Kecamatan Kintamani.

Sementara Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bangli, IB Suandi, menambahkan kegiatan hotmik tahun 2019 dianggarkan sekitar Rp 100 miliar. Anggaran tersebut untuk jalan sepanjang 64 kilometer. “Kecamatan Kintamani sepanjang 49 kilometer akan dihotmik, Kecamatan Tembuku sepanjang 4,25 kilometer, Kecamatan Susut 2,15 kilometer, dan Kecamatan Bangli 9 kilometer,” imbuhnya. Saat ini sudah persiapan tender.  *es

Komentar