nusabali

Pembuatan Tempat Relokasi Pasar Seni Sukawati Dikebut

  • www.nusabali.com-pembuatan-tempat-relokasi-pasar-seni-sukawati-dikebut

Puluhan pekerja kini masih bekerja cepat untuk merampungkan pembuatan pasar relokasi Pasar Seni Sukawati, di Lapangan Sutasoma, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali
Karena mulai Purnama Kadasa, Buda Wage Menail, Rabu (20/3) ini, para pedagang Pasar Seni Sukawati akan direlokasi ke pasar sementara di Lapangan Sutasoma.

Pantauan NusaBali, Selasa (19/3) siang, tampak puluhan pekerja masih mengecat sekat sekat los pedagang. Tiap sekat belum berisi nomor. Masih tampak sisa-sisa rumput kering pada akses jalan. Para pekerja juga memasang papan triplek di sekeliling lapangan. Hanya saja sisi timur, tampak masih terbuka. Bagian depan, terpasang gerbang berwarna merah.

Relokasi pedagang akan ditandai ngingsiran lingga (memindahkan simbolik stana) Ida Bathara Pura Melanting. Pasar Seni Sukawati ke pasar sementara. Setelah itu, para pedagang diberikan waktu 11 hari untuk mengosongkan pasar seni tersebsar di Bali itu. Kepala Pasar Seni Sukawati AA Raka, saat dikonfirmasi Selas kemarin, mengatakan pihaknya sudah mengumumkan rencana relokasi ini kepada pedagang melalui pengeras suara. ‘’Sementara, surat edaran dari Pemkab Gianyar terkait rencana relokasi itu, belum ada ke pedagang,’’ujarnya.

Kata dia, aktivitas Pasar Seni Sukawati, Selasa kemarin, masih seperti biasa, termasuk Rabu ini. “Untuk merelokasi pedagang ke Laaangan Sutasoma, kami masih lihat situasi. Jika tempat pedagang benar-benar siap, baru kami akan relokasi pedagangnya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, 778 pedagang los dan 24 pedagang kios Pasar Seni Sukawati dideadline 11 hari untuk mengosongkan tempat, oleh Pemkab Gianyar, atau Rabu (20/3) - Sabtu (30/3). Relokasi ini menyusul pembangunan Pasar Seni Sukawati dimulai Mei 2019.

Sejumlah pedagang pun mempertanyakan kesiapan relokasi  pedagang yang saat ini masih dipenuhi semak belukar. Terkait hal itu, Kepala Bappeda dan Litbang Gianyar I Gde Widarma Suharta memastikan pasar sementara akan siap H-1 relokasi. "Tanggal 19 Maret ini kami astikan sudah siap, sehingga besoknya bisa digelar prosesi ngingsiran Ida Bhatara Melanting," terangnya.*nvi

Komentar