nusabali

Koleksi George Michael Terjual Ratusan Miliar

  • www.nusabali.com-koleksi-george-michael-terjual-ratusan-miliar

Koleksi seni solois George Michael yang dilelang baru-baru ini berhasil mendulang jumlah besar.

JAKARTA, NusaBali

Salah satunya adalah karya Tracey Emin dan Damien Hirst yang dibeli dengan harga £11,3 juta atau Rp213 miliar.

Sepanjang hidupnya, Michael diketahui sebagai penggemar benda seni dan memiliki banyak karya dari gerakan Young British Arts. Kini, 27 bulan setelah kematiannya, koleksi seninya dijual di London dalam rangka amal.

Salah satu koleksi berharga Michael adalah 'The Incomplete Truth' karya Damien Hirst yang dibuat pada 2006 silam. Karya itu menunjukkan seekor burung merpati yang diawetkan dalam formalin. Seni yang tak biasa ini dibanderol £911,250 atau Rp17,2 miliar.

Seni milik Hirst lainnya berjudul 'Saint Sebastian, Exquisite Pain', menampilkan seekor sapi jantan yang juga diformalin. Karya ini bertujuan sebagai representasi kematian seorang martir Kristen, dijual seharga £875,250 atau Rp16,5 miliar.

Sebuah lukisan bernama 'Songbird' yang menjadi koleksi pertama Michael terjual dengan harga £791,250 atau mendekati Rp15 miliar. Sementara 'Hurricane' dari Tracey Emin dijual seharga £431,250 atau Rp8 miliar.

Michael seperti dilansir cnnindonesia juga diketahui memiliki tiga karya seniman Michael Craig-Martin yang merujuk pada penangkapan penyanyi 'Careless Whispers' itu pada 1998 silam setelah terlibat dalam aksi seksual di tempat umum. Masing-masing karya itu dijual seharga £125,000, £40,000 dan £112,500 atau Rp2,3 miliar, Rp757 juta dan Rp2,1 miliar.

Rumah Lelang Christie yang terkenal disebut menangani penjualan ini, dengan perwakilan Cristian Albu yang mengungkapkan Michael memperoleh banyak koleksinya di medio 2004-2009.

Pada November 2018 lalu, diumumkan bahwa Michael akan mendapat konser penghormatan yang digelar di London pada Juni 2019, sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-56.

Disebutkan, seluruh anggota band pengiringnya akan naik panggung, termasuk penyanyi latar Shirley Lewis, bassis Deon Estus dan gitaris Michael Brown.

Selain itu, Michael diketahui akan muncul dalam film komedi romantis 'Last Christmas' yang dibintangi Emilia Clarke jelang akhir tahun ini.

George Michael ditemukan meninggal dunia tepat pada Natal 2016 lalu di usia 53 tahun, di rumahnya di Goring-on-Thames. Pihak koroner lantas mengkonfirmasi tidak ada sebab khusus atas meninggalnya Michael. *

loading...

Komentar