nusabali

TPI dan Cold Storage Belum Dioperasionalkan

  • www.nusabali.com-tpi-dan-cold-storage-belum-dioperasionalkan

Fasilitas berupa tempat pelelangan ikan (TPI) dan cold storage yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, belum juga dioperasionalkan.

NEGARA, NusaBali

Padahal gedung tersebut sudah selesai dibangun pada Februari 2018 lalu, namun hingga Maret 2019 kedua gedung tersebut belum juga dimanfaatkan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut pada KKP Brahmantya Satyamurti Poewardi, saat melakukan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan dari KKP di Kabupaten Jembrana yang dipusatkan di PPN Pengambengan, Senin (18/3), mengatakan, pembangunan TPI dan cold storage, itu merupakan bagian untuk menunjang sektor perikanan. Rencananya, fasilitas TPI dan cold storage itu dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perikanan, seperti Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Perinus). “Masih menunggu kesiapan BUMN,” ujarnya.

Dia menyadari, kehadiaran TPI dan cold storage itu sangat diharapkan bisa segera dimanfaatkan untuk menunjang kesejahteraan nelayan setempat. Dimana ketika musim panen ikan, dan tangkapan ikan melimpah ruah, harga ikan sering merosot drastis karena ikan-ikan hasil sektor perikanan di Pengambengan ini, disalurkan melalui belantik, bukan langsung ke BUMN yang memang belum hadir di Pengambengan. “Mengingat di wilayah ini sudah dibangun sekolah dan fasilitas segala macam, dan jelas ada potensi, kami sudah imbau BUMN ikut mengelola bersama potensi di sini,” kata Brahmantya.

Sebelumnya, sambung Brahmantya, dalam beberapa kegiatan, pihak KKP juga telah  menginstruksikan kepada BUMN sektor perikanan di Indonesia untuk mengambil secara maksimal produksi ikan para nelayan. Selain melalui kegiatan tertentu, juga sudah dilakukan koordinasi langsung dari Dirjen Perikanan Tangkap pada KKP, dan diharapkan segera bisa masuk di Pengambengan. “Saat peresmian Pasar Ikan Modern di Pelabuhan Muara Baru (Jakarta Utara) beberapa waktu lalu, juga diinstruksikan BUMN mengambil produksi ikan para nelayan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Yang pasti, kata Brahmantya, KKP sudah selalu memberikan dorongan kepada BUMN sektor perikanan. Dia pun yakin, BUMN sektor perikanan juga telah merancang persiapan masuk di Pengambengan. Tetapi perlu disadari, jika seiring pengembangan sektor perikanan yang gencar dilakukan pihak KKP se-Indonesia, tentu untuk memaksimalkan serapan produksi perikanan oleh BUMN juga membutuhkan proses. “Pasti TPI dan cold storage di Pengambengan ini akan dimanfaatkan,” ucapnya. *ode

Komentar