nusabali

Hujan Deras, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

  • www.nusabali.com-hujan-deras-tiga-pohon-tumbang-ke-jalan

Hujan deras yang terjadi pada Senin (18/3) sore, juga mengakibatkan tiga pohon tumbang di sisi Jalan Umum Denpasar – Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Meski tidak sampai menimpa orang maupun kendaraan, namun kejadian pohon yang tumbang ke jalan itu dikhawatirkan mengganggu kelancaran arus lalu lintas, sehingga segera ditangani jajaran BPBD Jembrana.

Sesuai data di BPBD Jembrana, tiga pohon yang tumbang ke jalan itu, pertama adalah sebuah pohon singapur dengan tinggi sekitar 3 meter di sisi selatan jalan wilayah Banjar Munduk, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, sekitar pukul 15.30 Wita. Kemudian sebuah pohon tangi dengan tinggi sekitar 2 meter di sisi selatan jalan wilayah Lingkungan/Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, tepatnya di barat perempatan Pos Polisi Batuagung, sekitar pukul 16.00 Wita. Kemudian yang ketiga, adalah pohon jepun setinggi sekitar 3 meter yang juga masuk wilayah Lingkungan/Kelurahan Dauhwaru, tepatnya di sebelah barat Pos Polisi Sudirman Agung, sekitar pukul 16.30 Wita.

Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana, mengatakan  kejadian tiga pohon tumbang di jalan umum itu diperkirakan karena curah hujan yang cukup tinggi. Begitu menerima laporan pohon tumbang ke jalan yang terjadi pada selang waktu bertahap, pihaknya langsung menerjunkan personel untuk menangani kejadian tersebut. “Tumbang ke badan jalan. Untungnya tidak ada menimpa orang ataupun kendaraan, hanya menutup bagian sisi sisi jalan, dan segera kami tangani,” ujarnya.

Menurutnya, dari tiga pohon tumbang itu, dua di antaranya merupakan pohon perindang milik pemerintah. Sedangkan pohon singapur yang tumbang di sisi selatan jalan wilayah Banjar Munduk, merupakan milik pribadi warga setempat. Untuk pohon singapur dan pohon tangi yang tumbang kemarin, tepatnya tumbang pada batang yang diduga sudah lapuk. Sedangkan pohon jepun yang tumbang di sebelah barat Pos Polisi Sudirman Agung, tercerabut dari bagian akarnya.

“Pohon-pohon yang tumbang kemarin ini, memang termasuk pohon yang tidak begitu besar. Kalau yang besar, sudah rutin kami pangkas. Kami harapkan, nanti kalau ada pohon-pohon di jalan yang dirasa membahayakan, bisa segera melapor ke pihak desa setempat, sehingga ditembuskan ke kami, dan akan kami tindaklanjuti,” tuturnya. *ode

Komentar