nusabali

Dua Kali Erupsi, Pangayah di Besakih Tenang

  • www.nusabali.com-dua-kali-erupsi-pangayah-di-besakih-tenang

Gunung Agung erupsi dua kali beruntun, Minggu (17/3). Erupsi pada pukul 08.03 Wita dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 500 meter dari puncak kawah, durasi 39 detik.

AMLAPURA, NusaBali

Berikutnya pukul 10.30 Wita dengan tinggi kolom 600 meter dari puncak kawah, durasi 1 menit 16 detik. Pangayah di Pura Besakih tetap tenang, pamedek juga suntuk sembahyang.

Panitia Seksi Sulinggih Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh, Jro Mangku Suyasa, mengatakan aktivitas pangayah jalan terus. Secara psikologis tidak ada pengaruhnya. Apalagi erupsi hanya ditandai mengepulkan abu vulkanik, tanpa ada hujan abu di Pura Besakih dan sekitarnya. “Pangayah tetap suntuk ngayah, pamedek semakin ramai berdatangan,” jelas Jro Mangku Suyasa.

Bendesa Pakraman Besakih yang juga Ketua Panitia Karya Agung Jro Mangku Widiartha menambahkan, erupsi tidak mempengaruhi rangkaian Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Bali, I Made Rentin, mengimbau agar pangayah dan pemedek di Pura Besakih tetap tenang. “Pos terpadu memantau dan melaporkan kondisi Gunung Agung 24 jam, pangayah dan pamedek tidak perlu gusar,” jelas Made Rentin. *k16

loading...

Komentar