nusabali

144 Siswa Pintar Bersaing di OSN SMP

  • www.nusabali.com-144-siswa-pintar-bersaing-di-osn-smp

"Kami berharap ada siswa SMP dari Karangasem yang lolos ke OSN Nasional,"

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 144 siswa SMP pintar bersaing di OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem 2019. Memperebutkan tiket ke OSN Provinsi Bali, di tiga mata pelajaran. Sesuai ketentuan, tiap mata pelajaran nantinya meloloskan 3 siswa terbaik, sehingga yang diadu ke OSN Provinsi sebanyak 9 pemenang.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sarya menegaskan hal itu saat pembukaan OSN Tingkat SMP, berlangsung di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman Amlapura, Sabtu (16/3).

Disebutkan dalam OSN Tingkat SMP, katanya, melombakan mata pelajaran: Matematika, IPA dan IPS. Sehingga nantinya meloloskan tiga terbaik di tiap mata pelajaran, yakni juara I, juara II dan juara III yang lolos ke OSN Provinsi Bali. "Sama seperti OSN tahun 2018, juga meloloskan 3 siswa terbaik tiap mata pelajaran," katanya.

Dari 144 siswa yang ambil bagian: mata pelajaran Matematika, IPS dan IPA masing-masing diikuti 48 siswa, berasal dari 48 SMP Negeri dan swasta se-Karangasem. Tercatat satu-satunya sekolah yang membatalkan keikutsertaannya adalah SMP Negeri Satu Atap Besakih, Kecamatan Rendang. Sehingga pesertanya berkurang 3 siswa. Mulanya yang mendaftar 147 akhirnya yang ambil bagian sebanyak 144 siswa.

Selama OSN berlangsung diawasi: Ida Bagus Nyoman Japa, I Wayan Darma, I Wayan Mustika, I Made Gara, I Made Ringin, dan I Made Putu Kawi Suardana. Ketua Panitia Penyelenggara Ni Nyoman Tantri mengatakan, setelah melakukan OSN, seluruh lembar jawaban siswa dikumpulkan, dan rencananya diperiksa Senin (18/3). Sebab, kunci jawaban dari pusat dijadwalkan datang hari itu.

Nyoman Tantri menambahkan, yang memeriksa lembar jawaban nanti telah menunjuk 3 petugas: I Wayan Pasek, Komang Suta Wirata dan I Dewa Gede Adnyana. Nyoman Tantri mengatakan, pengumuman pemenang setelah Senin (18/3). Setelah pemenang ditetapkan, masing-masing mata pelajaran meloloskan 3 siswa, berlanjut melakukan pembinaan untuk OSN Provinsi Bali. Pembina di tiga mata pelajaran telah ditetapkan: pembina Matematika I Made Tawi dan I Wayan Widnyana, pembina IPS adalah AA Sri Mirah Novayanti dan I Dewa Gede Pranata, dan IPA dibina I Wayan Suriasa dan I Putu Setiabudi.

Pembinaannya selama 20 Maret-12 April, sedangkan OSN Provinsi Bali di Denpasar, Sabtu (13/4). "Kami berharap ada siswa SMP dari Karangasem yang lolos ke OSN Nasional," harapnya. *k16

loading...

Komentar