nusabali

90 Ekor Sapi Bali Bakal Dibagikan ke Kelompok Ternak

  • www.nusabali.com-90-ekor-sapi-bali-bakal-dibagikan-ke-kelompok-ternak

Sebanyak 90 ekor sapi Bali di Sentra Ternak Sobangan, Desa Sobangan, Kecamatan Abiansemal, bakal dihibahkan ke kelompok-kelompok ternak yang lebih kecil.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung berharap melalui cara ini populasi sapi Bali semakin meningkat. Saat ini di Sentra Ternak Sobangan memelihara sekitar 288 ekor sapi indukan dan 149 pedet (anak sapi).

“Tahun ini ada lima kelompok yang akan diberikan hibah. Tapi untuk kelompok yang akan menerima bantuan belum kami tentukan, masih berproses. Sebab, harus melalui surat keputusan bupati,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Putu Oka Swadiana, Minggu (17/3).

Swadiana mengatakan, penyerahan bantuan bibit sapi kepada kelompok ternak sudah rutin dilakukan. Kelompok penerima syaratnya sudah memiliki sarana dan prasasana yang memadai. “Kalau tidak memenuhi persyaratan, maka tidak akan kita berikan. Seperti tahun 2018 itu, hanya satu kelompok saja yang kami kasih bantuan sebanyak 30 ekor,” tuturnya.

“Hanya tahun 2017 yang kami tidak salurkan bantuan bibit api. Tapi untuk tahun 2016, ada 100 ekor sapi yang kami serahkan kepada 20 kelompok ternak. Tahun 2015 ada 20 ekor yang kami serahkan kepada 5 kelompok ternak, tahun 2014 ada 60 ekor sapi untuk 12 kelompok, dan tahun 2013 ada 45 ekor sapi yang kami serahkan kepada 7 kelompok ternak,” urai Swadiana yang juga merangkap selaku Kadis Perikanan Kabupaten Badung.

Birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, itu menyatakan penyaluran bantuan bibit sapi kepada kelompok ternak bertujuan mempercepat berkembangnya populasi sapi Bali, khususnya di Kabupaten Badung. “Jadi, selain ada Sentra Ternak Sobangan, kelompok-kelompok ternak juga bisa mengembangbiakkan sapi Bali,” tegasnya.

Sentra Ternak Sobangan sudah berdiri sejak 2008 di atas lahan negara seluas 7 hektare. Sesuai data di Bidang Produksi Peternakan, keberadaan ternak sapi sampai saat ini untuk induk sapi berjumlah 288 ekor, kemudian 149 ekor pedet/anak sapi dengan rincian 87 ekor jantan dan 62 ekor betina.

Untuk mencukupi kebutuhan operasional Sentra Ternak Sobangan, Pemkab Badung menggelontorkan anggaran senilai Rp 3,1 miliar guna pengadaan pakan ternak. Adapun perinciannya, untuk pakan ternak berupa rumput raja/jerami, jagung senilai Rp 2,1 miliar, sedangkan untuk kebutuhan pakan konsentrat senilai Rp 1 miliar lebih. *asa

loading...

Komentar