nusabali

Pertama Dalam Sejarah, Dua Kapal Pesiar Sandar di Dermaga Benoa

  • www.nusabali.com-pertama-dalam-sejarah-dua-kapal-pesiar-sandar-di-dermaga-benoa

Dua kapal pesiar berbendera asing singgah di Pelabuhan Benoa Denpasar, Minggu (17/3).

DENPASAR, NusaBali

Kehadiran dua kapal pesiar asing ini menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya dua kapal pesiar ukuran besar bisa sandar secara bersamaan di dermaga timur Pelabuhan Benoa.

Dua kapal pesiar asing ukuran besar Minggu pagi tampak sandar di dermaga timur Pelabuhan Benoa. Dua kapal pesiar ukuran besar yang singgah di Pelabuhan Benoa Denpasar ini adalah kapal MS Insignia dan kapal MS Azamara Quest, yang berasal dari Malta dan Marshall Island.

Kedua kapal pesiar ini masing masing memiliki panjang 180 meter lebih dengan berat 30 ribu gros ton (GT) lebih. Kedua kapal pesiar ini masing masing mengangkut seribu wisatawan dan awak kapal.

Dengan dibantu pihak Pelindo dan KSOP Benoa, kedua kapal pesiar ukuran besar ini akhirnya bisa sandar dengan aman dan lancar di dermaga timur Pelabuhan Benoa. Kehadiran dua kapal pesiar secara bersamaan di dermaga timur Pelabuhan Benoa ini menjadi sejarah bagi Pelabuhan Benoa karena merupakan yang pertama kalinya.

"Pasca pengerukan alur dan kolam pelabuhan hal ini bisa dilakukan, sebelumnya hanya satu kapal (pesiar) yang bisa sandar di dermaga pelabuhan, sekarang dua kapal sudah bisa sandar secara bersamaan. Ini menjadi momen sejarah untuk pertama kalinya dua kapal pesiar bisa sandar secara bersamaan di dermaga  Pelabuhan Benoa," ujar I Wayan Eka Saputra, CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara.

Untuk kedepan, Eka Saputra berharap semakin banyak kapal pesiar yang singgah ke Pelabuhan Benoa.  "Hari ini kita buktikan bahwa kita mampu melayani dua kapal pesiar yang sandar di satu dermaga. Ini memang sebuah proses yang memerlukan kecermatan. Berkat dukungan KSOP Benoa ini bisa berjalan aman dan lancar. Ini bisa menjadi trigger (pemicu) mulai berkunjungnya kapal pesiar dengan ukuran yang lebih besar.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas II Benoa, Agustinus Maun menyatakan, dengan sandarnya dua kapal pesiar ukuran besar, ini menjadi bukti bahwa dari sisi keamanan dan keselamatan pelayaran, KSOP Pelabuhan benoa sudah siap mendukung program pemerintah dibidang industri pariwisata.  "Kedepan harapan kita Pelabuhan Benoa bisa lebih dikembangkan agar bisa disandari kapal pesiar dengan ukuran yang lebih besar, sehingga Pelabuhan Benoa bisa menjadi pelabuhan tujuan wisata di Indonesia,"ujarnya.

Dua kapal pesiar ini akan singgah di Pelabuhan Benoa Denpasar selama dua hari sebelum melanjutkan perjalannya ke negara lain. Selama di Bali, para wisatawan kapal pesiar dan juga awak kapal akan mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Bali.

Berdasar data Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara, tahun lalu, jumlah kapal pesiar ukuran besar yang singgah di Pelabuhan Benoa Bali mencapai 60 kapal pesiar. Tahun ini jumlah kapal pesiar yang ditargetkan singgah di Pelabuhan Benoa Bali mencapai 80 kapal pesiar, dimana satu kapal pesiar rata rata mengangkut seribu wisatawan dan awak kapal. *isu

loading...

Komentar