nusabali

Pamedek di Besakih Dapat Sangadatu

  • www.nusabali.com-pamedek-di-besakih-dapat-sangadatu

Seluruh pamedek dapat benang sangadatu di Pura Penataran Agung Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Jumat (15/3).

AMLAPURA, NusaBali
Benang sangadatu berupa benang sembilan warna sebagai simbol berkah Dewata Nawa Sanga (sembilan Dewa). Mendapatkan benang sangadatu tanpa harus menghaturkan punia.  

Panitia Seksi Sulinggih Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Jro Mangku Suyasa, menegaskan pamedek yang berniat memiliki benang sangadatu, tidak diwajibkan terlebih dahulu ngaturang dana punia. “Setiap pamedek yang melakukan pamuspan di Pura Penataran Agung Besakih kami sediakan benang sangadatu,” jelasnya. Pamedek yang datang bersama keluarganya, sebanyak anggota keluarganya diberikan benang sangadatu.

Jro Mangku Suyasa mengatakan, sebelum dibagikan kepada umat, benang sangadatu itu telah dipasupati (diberi energi bathin). Sedangkan benang tridatu yang terdiri dari tiga warna merupakan anugerah dari Ida Bhatara Tri Murti yakni Brahma, Wisnu, dan Siwa. Sedangkan benang sangadatu lebih lengkap dan berkah didapatkan lebih sempurna. Sebab berkah itu berasal dari Dewa yang berstana di sembilan penjuru mata angin. Pamangku Pura Goa Raja Besakih, I Gusti Mangku Paruna, menambahkan wajib mohon benang sangadatu untuk gelang guna menambah kekuatan bathin dan perlindungan diri. *k16

Komentar