nusabali

YKI Gianyar Gelar Pap Smear Gratis

  • www.nusabali.com-yki-gianyar-gelar-pap-smear-gratis

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar menggandeng Laboratorium Klinik Prodia Denpasar menggelar Pap Smear gratis bagi anggota organisasi perempuan di Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Kegiatan ini serangkaian Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 dan Hari Perempuan Se-Dunia. YKI mendatangkan tim dokter spesialis kandungan dari RSUD Sanjiwani Gianyar, seperti dr Nyoman Rudi Susantha SPOG, dr Wayan Sudirtayasa SPOG dan dr IB Udiyoga SPOG, pemeriksaan dilakukan di Poliklinik Kesehatan Perempuan AMAN di lingkungan Kantor Pemkab Gianyar, Jumat (15/3).

Data YKI Cabang Gianyar, jumlah penderita kanker servik menurun secara signifikan. Bahkan pada tahun 2018 tidak ditemukan penderita atau kasus baru kanker servik. Data ini membuktikan kesadaran masyarakat akan deteksi dini sudah bagus. Meski demikian, menurut Ketua YKI Cabang Gianyar Ny Ida Ayu Adnyani Mahayastra, pihaknya tidak mau ambil risiko. Pap Smear IVA masih rutin dilakukan di masyarakat. Seperti saat ini terkait peringatan HKG PKK ke -47 dan peringatan Hari Perempuan Sedunia YKI mengadakan pemeriksaan pap smear gratis untuk anggota organisasi perempuan di Gianyar seperti Darma Wanita Persatuan Kabupaten Gianyar, Gatriwara, PKK dan anggota Bhayangkari.

Tidak hanya itu, kata Ny Adnyani Mahayastra,  ke depannya secara bertahap pap smear juga akan diberikan pada anggota ASN dan pegawai di Lingkungan Pemkab. Gianyar. “Kami akan berupaya bekerjasama dengan pengelola laboratorium agar kegiatan ini bisa rutin minimal tiga bulan sekali. Namun untuk road show YKI ke desa-desa masih terus dilakukan,” ujar Ny Adnyani Mahayastra.

Sekretaris YKI Cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa SKM MKes mengatakan, untuk kegiatan kali ini, Pap Smear menyasar sekitar 50 orang. Selain Pap Smear, YKI juga menyediakan screening kesehatan, seperti pemeriksaan tensi, gula darah, dan kolesterol. Ditambahkan, jika dalam pemeriksaan ini baik itu Pap Smear, atau pun screening kesehatan ditemukan masalah, maka dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter di YKI. *lsa

Komentar