nusabali

476 Personil Polres Badung Simulasi Sispamkota

  • www.nusabali.com-476-personil-polres-badung-simulasi-sispamkota

Sebanyak 476 personel Polres Badung menggelar simulasi kesiapan pengamanan kota (Sispamkota), di lapangan umum Mengwi, Badung, Jumat (15/3).

MANGUPURA, NusaBali

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.20 Wita hingga 09.15 Wita ini digelar untuk melatih kesiapsiagaan perasonel dalam menghadapi situasi pada Pemilu serentak 17 April mendatang.

Dalam simulasi ini skenarionya berawal adanya pemilih yang hendak mencoblos dua kali. Aksi dari pemilih ini dilarang oleh petugas KPPS sehingga terjadi keributan. Pemilih ini pun dibawa ke kantor Bawaslu oleh petugas KPPS bersama dengan personel Polsek Mengwi.

Sesampainya di Kantor Bawaslu, pelaku tidak terima dan seketika itu massa yang berasal dari teman-teman pelaku datang ke Kantor Bawaslu. Mereka menuntut kepada petugas agar membebaskan pelaku. Kemudian, petugas KPPS berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi para demonstran yang sudah mulai merangsek masuk ke Kantor Bawaslu.

Dalam hitungan menit, Dalmas awal sudah tiba di Kantor Bawaslu dan berusaha menghalau massa agar tidak masuk ke Kantor Bawaslu. Namun secara cepat jumlah massa yang datang meningkat dan situasi semakin memanas dan tidak terkendali.

Pihak kepolisian menindaklanjuti dengan mendatangkan tambahan personel Dalmas Lanjut guna mengimbangi jumlah dari massa dan  dilakukan tindakan lanjut oleh sehingga massa dapat terurai dan berangsur angsur membubarkan diri sehingga situasi kembali kondisif.

Kapolres Badung, AKBP Yudith Satriya Hananta, SIK mengatakan simulasi Sispamkota ini digelar untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres Badung dalam menangani gangguan Kamtibmas khususnya saat pengamanan Pemilu 2019.

Simulasi ini bertujuan agar para komandan maupun seluruh personel yang terlibat Ops Mantap Brata 2019, lebih memahami tugas pokoknya masing-masing. Bila terjadi situasi kontijensi yang eskalasinya meningkat  tidak ragu-ragu dalam bertindak.

"Personil Polres Badung harus mahir, tidak ragu-ragu dan  profesional dalam melaksanakan tugas menghadapi setiap gangguan Kamtibmas" Tegas AKBP Yudith Satriya Hananta, SIK yang  memimpin Latihan Simulasi di Mengwi, Badung kemarin. *po

loading...

Komentar