nusabali

Panelis-Moderator Teken Pakta Integritas

  • www.nusabali.com-panelis-moderator-teken-pakta-integritas

Pakta integritas sebagai bentuk keseriusan KPU bersama seluruh panelis dan moderator menjaga integritas dan independensi.

Jaga Integritas dan Independensi Saat Debat Cawapres


JAKARTA, NusaBali
KPU bersama seluruh panelis dan moderator debat cawapres Pilpres 2019 menandatangani pakta integritas. KPU bersama seluruh panelis dan moderator komitmen menjaga integritas dan independen selama debat cawapres tersebut.

Penandatangan pakta integritas dilakukan di Ruang Asean 4, Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (13/3). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Arief Budiman beserta para komisioner, kesembilan panelis dan 2 moderator debat cawapres yang telah ditentukan KPU.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan kegiatan penandatangan pakta integritas itu merupakan bagian dari tahapan Pemilu. Ia menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan KPU bersama seluruh panelis dan moderator menjaga integritas dan independensi.

"Maka pada hari ini kami meminta kepada para panelis dan moderator dengan prinsip sebagaimana diatur UU. Pertanyaan itu tidak menguntungkan atau merugikan salah satu pihak. Beliau secara individu adalah orang-orang yang independen tidak menjadi tim sukses. Kami akan lakukan penandatanganan pakta integritas ini," kata Arief Budiman dalam sambutannya.

Koordinator Panelis, Prof Yos Johan Utama menyambut baik penandatangan pakta integritas tersebut. Ia bersama para panelis yang lain akan berusaha semaksimal mungkin menjaga kerahasiaan pertanyaan-pertanyaan untuk debat tersebut. "Kami berusaha sekuat tenaga tim panelis meramu mem-blended pertanyaan yang diserahkan itu dan berusaha menjaga kerahasiaan dan integritas agar pelaksanaan debat ini fair play dan sesuai ketentuan UU," ujar Yohan dilansir detik.com. Senada dengan Yohan, perwakilan moderator Alfito Deannova Ginting mengucapkan terima kasih kepada KPU yang telah mempercayakan wartawan untuk memandu debat cawapres. Ia berkomitmen agar menjaga integritas dan independensi dalam pelaksanaan debat tersebut."Saya ucapkan terimakasih kepada KPU masa bakti kali ini yang telah mempercayakan kepada wartawan untuk membantu debat. Wartawan yang berguna adalah wartawan yang independen, obyektif dan berimbang. Itu yang akan kami pegang komitmen itu," ucap Alfito. Debat ketiga diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, dan akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom. *

loading...

Komentar