nusabali

Klungkung Komit Tingkatkan Kualitas SDM

  • www.nusabali.com-klungkung-komit-tingkatkan-kualitas-sdm

Bupati Suwirta Terima Kunjungan Anggota BPK dan DPR RI

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan membangun sumber daya manusia (SDM) jauh lebih penting dibandingkan membangun infrastruktur. Oleh karena itu, Pemkab Klungkung komit untuk meningkatkan kualitas SDM.

Bupati menegaskan itu saat menerima kunjungan anggota V BPK RI Ir Isma Yatun MT dan anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya

di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Rabu (13/3). Kunjungan tersebut terkait Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Provinsi Bali yang dipusatkan di Kabupaten Klungkung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta mengenalkan spirit Gema Santi kepada para undangan. Menurut Bupati, bidang pendidikan menjadi perhatian khusus dalam kepemimpinannya. Bidang pendidikan menjadi skala prioritas. Karena ia menyadari, membangun SDM jauh lebih penting dibandingkan membangun infrastruktur. “Banyak orang bilang membangun infrastruktur itu penting. Iya, membangun infrastruktur itu penting, tetapi membangun SDM jauh lebih penting,” ujar Suwirta di hadapan para undangan.

Menurut orang nomor satu di Pemkab Klungkung ini, Indek Pembangunan Manusia (IPM), salah satu komponen dasarnya adalah pendidikan, selain kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Bidang pendidikan, Klungkung mencanangkan Satu Desa Satu TK Negeri yang targetnya tahun 2021 mencapai 100 persen. Pelayanan angkutan siswa gratis, beasiswa dan program lainnya. Bidang kesehatan, sejak akhir 2017 Klungkung telah melayani kesehatan seluruh masyarakatnya melalui program UHC. “Kami di Kabupaten juga berkomitmen membangun dunia pendidikan untuk peningkatan kualitas SDM,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati berharap sebagai ujung tombak pemerintah pusat, Pemkab Klungkung bisa memberikan masukan. Selain itu, bisa melengkapi apa yang menjadi cita-cita mulia Negara untuk membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Agama M Tabrani menyampaikan, di Kementerian Agama ada dua anggaran. Pertama, anggaran fungsi pendidikan dan, kedua fungsi agama. Pihaknya berharap pelaksanaan Program Indonesia Pintar bisa memberi manfaat untuk para siswa.

Anggota V BPK RI Ir Isma Yatun M T menyampaikan apresiasi terkait inovasi Pemkab Klungkung di bidang pendidikan. Menurut dia, Pemkab tidak saja memikirkan anggaran itu untuk disampaikan kepada siswa, melainkan juga menghitung berapa anak yang harus dibantu dan menindaklanjuti dengan memasang anggarannya. “Menurut saya, cara ini lebih tepat sasaran dan lebih mengena kepada siapa yang membutuhkan. Saya berharap dengan apa yang sudah berjalan ini bisa dikembangkan lagi melalui APBN melalui Kementerian Agama dalam penerapan Program Indonesia Pintar,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Dr Bambang Pamungkas MBA CA  Ak, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Agama M Tabrani, Kepala Auditorat VA Dede Sukarjo SE MM Ak, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali Dr Drs Sri Haryoso Suliyanto MSi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra, Ketua PHDI Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Bali, Forkopimda Kabupaten Klungkung, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Klungkung serta undangan lain. *wan

Komentar