nusabali

Terduga Teroris Ditangkap, Bom Meledak di Sibolga

  • www.nusabali.com-terduga-teroris-ditangkap-bom-meledak-di-sibolga

Aparat Densus 88 Antiteror Polri melakukan penangkapan terhadap terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, kemarin.

JAKARTA, NusaBali

Saat operasi berlangsung, terjadi ledakan dari dalam rumah terduga pelaku. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, operasi penangkapan terhadap terduga teroris bernama Husain alias Abu Hamzah itu dilakukan sejak sekitar pukul 14.23 WIB. Tak berselang lama, sebuah ledakan diduga bom terjadi dari dalam rumah.

"Saat akan dilakukan pengecekan awal di rumah pelaku, sekitar pukul 14.50 WIB terjadi bom meledak yang melukai petugas," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (12/3) seperti dilansir liputan6.

Polisi di Sibolga masih berupaya membujuk istri dan anak terduga teroris Husein alias Abu Hamzah untuk menyerah. Sampai empat jam berlalu, istri terduga teroris belum menyerahkan diri.

Iqbal juga belum bisa memastikan bagaimana kondisi petugas yang terkena ledakan tersebut. Jenderal bintang dua itu juga belum bisa memastikan berapa jumlah korban yang ditimbulkan dari peristiwa itu.

"Diduga istri dan anak pelaku masih berada di dalam rumah. Saat ini tim Densus 88 Anti Teror sedang berupaya membujuk agar mereka mau ke luar rumah," ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan polisi juga menggandeng tokoh masyarakat dalam melakukan negosiasi ini. Upaya persuasif, lanjut Iqbal, dikedepankan oleh kepolisian.

Polisi meminta bantuan tokoh agama untuk membujuk terduga teroris dan keluarganya di Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, agar mau menyerahkan diri. Polisi meminta bantuan seorang tokoh agama setempat, Ustaz Zainun untuk membujuk terduga teroris dan keluarganya.

Polri menegaskan penangkapan terduga teroris Husein alias Abu Hamzah di Sibolga, tak terkait dengan pemilu. Penangkapan Abu Hamzah merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya.

Iqbal menuturkan Densus 88 Antiteror telah menelusuri dan menjejaki kelompok ini sejak beberapa waktu lalu. Seorang terduga teroris jaringan Abu Hamzah telah ditangkap di Lampung pada Sabtu (9/3) atas nama RIN alias Putra Syuhada.

"Densus sudah menjejaki kelompok ini beberapa waktu yang lalu. Seorang pelaku sudah ditangkap kemarin di Lampung. Densus lanjut mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan Lampung tersebut," ujarnya.

Polisi sendiri langsung melakukan sterilisasi di sekitar lokasi ledakan bom di Jalan Cendrawasih Gang Serumpun, Kelurahan Pancuran bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan kepada wartawan mengatakan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto didampingi sejumlah pejabat langsung terbang ke Sibolga menggunakan helikopter untuk memantau situasi pasca ledakan. Warga diperintahkan menjauh dalam radius sekitar 200 meter dari lokasi ledakan. *

loading...

Komentar