nusabali

Tanda Kebaikan Bermakna Berikan Amerta

  • www.nusabali.com-tanda-kebaikan-bermakna-berikan-amerta

Guratan mirip sisik naga itu tanda kebaikan, sasuhunan merestui dan memberi kesejahteraan kepada krama.

Jejak Mirip Sisik Naga di Pura Dalem Desa Pakraman Padangan, Pupuan


TABANAN, NusaBali
Pasca-ditemukan jejak guratan mirip sisik naga di Pura Dalem Desa Pakraman Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, krama setempat telah menggelar wawidian (meminta petunjuk) pada Soma Kliwon Uye, Senin (11/3) malam. Sesuai petunjuk dari Ida Sasuhunan bahwa jejak guratan mirip sisik naga tersebut merupakan tanda Ida Sasuhunan memberikan amerta kepada seluruh krama Desa Pakraman Padangan.

Perbekel Desa Padangan I Wayan Wardita, menerangkan saat krama menggelar wawidian ada sekitar 75-an orang yang kalinggihan. Malam itu jero mangku setempat langsung meminta petunjuk terkait dengam fenomena aneh ditemukan guratan sisik mirip naga di lantai Utama Mandala Pura Dalem Desa Pakraman Padangan. Hasilnya bahwa guratan itu adalah tanda kebaikan.

Guratan mirip sisik naga ini muncul bertepatan dengan Odalan Ngelemiji (membersihkan pura dengan upakara) di Pura Dalem serangkaian Karya Agung Betara Turun Kabeh di Pura Puseh lan Desa Pakraman Padangan yang puncaknya pada Purnama Kadasa Buda Wage Menail, Rabu (20/3) mendatang.

“Setelah meminta petunjuk di sasuhunan bahwa guratan itu tanda kebaikan, sasuhunan merestui dan memberi kesejahteraan kepada krama. Jadi hal ini harus diterima sebagai puji syukur ke hadapan Ida Sasuhunan,” tutur Wardita, Selasa (12/3).

Dijelaskannya, karena sesuai petunjuk, guratan mirip sisik naga ini adalah hal positif untuk selanjutnya tidak dilaksanakan upacara lanjutan. “Tidak dilanjutkan upacara apapun karena seusai nunas wawidian yang diyakini krama setempat secara turun temurun menjadi titik temu antara Jro Mangku, prajuru, dan seluruh krama dengan Ida Sasuhunan, jejak tersebut adalah pertanda baik,” tambah Wardita.

Sebelumnya diberitakan, jejak yang diduga sisik naga ditemukan di Pura Dalem Desa Pakraman Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Jejak mirip sisik naga tersebut ditemukan di natar (halaman) Utama Mandala Pura Dalem Desa Pakraman Padangan, Senin sore sekitar pukul 17.00 Wita. Bentuknya melingkar-lingkar, dengan ukuran lebih kecil dari yang ditemukan di palinggih Meru Tumpang Solas (tingkat 11) Pura Penataran Agung Besakih, 20 Januari 2019 lalu.

Kepala Desa (Perbekel) Padangan I Wayan Wardita, mengatakan jejak mirip sisik naga di Pura Dalem Desa Pakraman Padangan tersebut ditemukan oleh prajuru adat dan saya desa. “Saat itu, seluruh krama sedang ngayah ngajang banten, tiba-tiba dilihat ada jejak seperti liukan sisik naga di halaman Utama Mandala Pura Dalem,” ungkap Wayan Wardita. *de

Komentar