nusabali

Bahaya dari lensa kontak, sudahkah anda tahu?

  • www.nusabali.com-bahaya-dari-lensa-kontak-sudahkah-anda-tahu

Penggunaan lensa kontak semakin marak belakangan ini. Tak hanya sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan, namun sudah menjadi ‘trend’ di masyarakat.


Namun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari risiko efek samping akibat penggunaan lensa kontak yang salah. Terutama tentang kebersihan dan lama penggunaan lensa kontak.

Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama akan menyebabkan mata kekurangan oksigen akibat permukaan mata yang tertutup oleh lensa kontak. Akibatnya mata akan terasa gatal dan kering. Secara perlahan, mata akan memerah, berair, dan penglihatan menjadi kurang jelas. Selain itu, mata yang merah dapat menjadi salah satu tanda awal adanya infeksi pada mata akibat pemakaian lensa kontak yang keliru.

Beberapa efek samping akibat penggunaan lensa kontak yang keliru:

1. Iritasi mata
Penggunaan lensa kontak yang terus menerus ditambah kebersihan lensa kontak yang kurang baik dapat mengakibatkan iritasi pada mata. Untuk menghindari hal tersebut, kebersihan lensa kontak harus dijaga dengan cara dicuci dengan cairan pembersih khusus setiap habis dipakai dan kelembaban lensa harus dijaga, jangan sampai lensa kering. Penggunaan obat tetes mata berupa artificial tears dapat meminimalkan mata kering.

2. Soft lens rusak
Soft lens dapat rusak jika digunakan saat tidur karena pada waktu tidur suplai oksigen ke mata kurang sedangkan soft lens mudah bergerak di dalam mata sehingga dapat sobek.

3. Infeksi 
Dapat menyebabkan konjungtivitis (infeksi pada konjungtiva/ selaput mata), keratitis (infeksi yang lebih berat yaitu mengenai kornea mata). Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur akibat kebersihan yang kurang pada lensa kontak maupun cairan pembersihnya atau lewat tangan yang tidak bersih saat mengenakan lensa kontak. Infeksi yang berat dapat menyebabkan kebutaan.

4. Edema / bengkak 
Biasanya terjadi pada kelopak mata, dikenal dengan istilah blepharitis. Untuk pengobatan dapat dikompres dengan air hangat dan segera periksa ke dokter mata.

5. Kekeruhan pada kornea
Disebut juga corneal opacity yaitu terbentuknya jaringan parut pada kornea mata akibat berbagai infeksi dan trauma yang berlangsung lama. Hal ini menyebabkan penurunan penglihatan yang permanen.

Dengan melihat berbagai dampak negatif yang dapat ditimbulkan, sudah seharusnya kita mempertimbangkan saat memutuskan akan menggunakan lensa kontak dan memperhatikan dengan lebih teliti cara penggunaan dan perawatan lensa kontak. 

Healthy eye, healthy life…


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar