nusabali

Hanya 9 SMP di Klungkung Siap UNBK

  • www.nusabali.com-hanya-9-smp-di-klungkung-siap-unbk

Hanya sembilan dari 24 SMP di Klungkung siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Tahun ini, SMPN 4 Banjarangkan baru pertama bisa menyelenggarakan UNBK. Delapan SMP yang sudah UNBK sejak tahun lalu yakni SMP Negeri 1 Banjarangkan, SMP Negeri 2 Banjarangkan, SMP Negeri 1 Semarapura, SMP Negeri 2 Semarapura, MTs Hasanudin Semarapura, SMP Negeri 1 Dawan, SMP Negeri 1 Nusa Penida, dan SMP Negeri 2 Nusa Penida.

15 SMP lainnya menggelar ujian secara manual yakni dengan kertas. Salah satu kendala yang dihadapi sekolah yang tidak bisa ikut UNBK karena keterbatasan komputer di sekolah. Sekretaris Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana, mengatakan jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini 3.125 siswa dari 24 SMP di Klungkung. Namun karena keterbatasan sarana-prasarana, seperti komputer yang dimiliki masing-masing SMP, hanya ada sembilan SMP saja yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar UNBK dengan jumlah 1.903 siswa. "Sisanya akan mengikuti UNKP (ujian nasional berbasis kertas dan pensil),” ujar Sujana, belum lama ini.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah SMP yang menggelar UNBK di tahun ini hanya mengalami peningkatan satu SMP yakni SMPN 4 Banjarangkan. Diakui untuk tahun ini Dinas Pendidikan Klungkung tidak menganggarkan bantuan komputer ke sejumlah SMP di Klungkung di induk 2019 ini. Ia terus berkoordinasi dengan SMA/SMK di Kabupaten Klungkung agar bisa meminjamkan lab komputernya sehingga SMP yang memiliki keterbatasan dalam sarana-prasarana komputer bisa turut serta menyelenggarakan UNBK. *wan

loading...

Komentar