nusabali

TK Kumara Guaji Jebol

  • www.nusabali.com-tk-kumara-guaji-jebol

BPBD Karangasem bantu dinding tempat belajar agar para siswa tidak kepanasan.

AMLAPURA, NusaBali

Gedung TK (Taman Kanak-Kanak) Kumara Guaji di Tempek Sibakan, Banjar Tengah, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, jebol, Kamis (7/3) sekitar pukul 16.00 Wita. Seluruh kap bangunan ambruk. Daun pintu dan jendela juga rusak. Dana perbaikan gedung TK diperkirakan mencapai Rp 132,67 juta. Akibat kerusakan gedung TK, proses belajar mengajar dipindahkan ke Balai Desa Nongan, bersebelahan dengan gedung TK Kumara Guaji.

Kasek TK Kumara Guaji, Ni Luh Putu Alit Suartini, mengatakan pihak yayasan telah menghitung biaya perbaikan. Perkiraan kerugian dengan rincian pekerjaan pembersihan dan pembongkaran bangunan Rp 3,75 juta, perbaikan atap dan penutup Rp 94,88 juta, pekerjaan daun pintu, jendela, dan pengecatan Rp 23,03 juta, pemasangan instalasi listrik dan upacara melaspas bangunan Rp 11 juta. Total rencana anggaran biaya perbaikan Rp 132,67 juta. “Kami telah susun RAB untuk melengkapi proposal dan dilengkapi foto-foto untuk diajukan ke BPBD Karangasem,” jelas Alit Suartini, Minggu (10/3).

Perbekel Desa Nongan, I Wayan Daging, mengatakan BPBD Karangasem telah meminta RAB perbaikan gedung TK Kumara Guaji yang rusak akibat bencana. “Kami berupaya membantu menyusun secepatnya dengan perhitungan biaya berlaku saat ini,” katanya. Sementara Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem, Asmi Sukmawati, meminta RAB, setelah sempat mengecek ke lokasi bencana. “Ada ketentuan, kalau biayanya di bawah Rp 10 juta bisa diupayakan dibantu BPBD Karangasem. Jika biayanya di atas Rp 10 juta, maka proposal diajukan ke BPBD Provinsi Bali,” jelas Asmi Sukmawati.

Akibat kerusakan gedung TK, buat sementara proses belajar mengajar melibatkan 16 siswa dilaksanakan di Balai Desa Nongan, yang bersebelahan dengan gedung TK Kumara Guaji. Pindah tempat belajar ini efektif mulai Senin (11/3) hari ini. BPBD Karangasem telah siap membantu dinding tempat belajar. “Kami sediakan dinding agar siswa tidak kepanasan dari samping gedung,” kata Asmi Sukmawati.

Menurut Asmi Sukmawati, PMI Karangasem juga berencana membantu keperluan TK  Kumara Guaji. Gedung TK Kumara Guaji didirikan tahun 2011 dan telah 9 kali menamatkan siswa. Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati sempat mengecek ke lokasi bencana. Saat ini pihak yayasan tengan memindahkan buku-buku pelajaran dan sarana permainan. *k16

loading...

Komentar