nusabali

Banjir di Jatim, 12.495 KK Terdampak

  • www.nusabali.com-banjir-di-jatim-12495-kk-terdampak

Banjir menerjang 15 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Data yang ada, sebanyak 12.495 KK ikut terdampak.

SURABAYA, NusaBali

Selain itu, ratusan hektar sawah pun turut terendam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyebut daerah yang terparah dilanda banjir ada di Madiun. Total ada 39 desa, 8 kecamatan di Kabupaten Madiun terendam banjir. Hal ini menyebabkan 4.317 KK atau 17.268 jiwa yang ikut terdampak banjir.

Namun hingga kini, belum ada laporan korban meninggal atau luka-luka akibat dampak banjir. Kepala BPBD Jatim Suban Wahyudiono mengatakan korban banjir di sejumlah kabupaten masih nihil. "Tidak ada korban," kata Suban di Surabaya, Jumat (8/3) seperti dilansir detik.

Sementara untuk kerugian materi yang diakibatkan lantaran banjir, Suban mengaku pihaknya masih melakukan penghitungan. Selain itu, pihaknya juga masih melakukan penanganan darurat. Seperti evakuasi, pemberian bantuan makanan, pendirian tenda, hingga pendataan dampak banjir.

"Untuk kerugian masih kita lakukan assesment," imbuh Suban.

Suban pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi banjir. Selain itu, potensi terjadinya longsor dan puting beliung juga masih ada mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

"Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung. Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Jatim," pungkasnya.*

Komentar