nusabali

Pohon Tumbang Timpa Bale Piasan Pura Dalem Pasek

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-bale-piasan-pura-dalem-pasek

Bale piasan di Pura Dalem Pasek, Dusun Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, tertimpa pohon albesia saat Hari Nyepi, Kamis (7/3).

BANGLI, NusaBali
Kerugian material ditaksir mencapai Rp 30 juta. Pohon tumbang juga terjadi di Desa Belanga, Kecamatan Kintanami, menimpa gardu PLN dan palinggih panunggun karang. Tak ada korban jiwa dalam musibah pohon tumbang ini.

Kelian Dadia Pura Pasek, I Wayan Dudug, mengungkapkan pohon tumbang terjadi pada Kamis sekitar pukul 16.00 Wita. Saat itu cuaca mendung serta angin kencang. Pengecekan akibat pohon tumbang bersama pamangku Jro Mangku Wayan Kariawan baru dilakukan pada Jumat (8/3) pagi. “Terjadi kerusakan pada atap. Dahan pohon sudah kami bersihkan,” jelasnya. Dikatakan, saat bersamaan terjadi dua pohon tumbang. Pohon albesia menimpa pohon albesia di sebelahnya. Pohon yang tertimpa pohon kemudian menimpa atap bale piasan. Jarak pohon pertama dengan pura sekitar 15 meter.

Pohon tumbang juga merusak hiasan tembok panyengker. Kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta. Wayan Dudug menambahkan, proses perbaikan bale piasan dan panyengker akan dibahas dalam paruman (rapat) bersama pangempon. Bale piasan direnovasi pada tahun 2017 lalu. Dalam waktu dekat digelar upacara ngulapin dan macaru. Buat sementara bale piasan yang atapnya rusak ditutup dengan terpal agar saat hujan air tidak mengenai kerangka atap. Terpisah, di Desa Belanga, Kecamatan Kintamani, terjadi pohon beringin tumbang menimpa gardu listrik dan palinggih penunggun karang. Krama langsung melakukan pembersihan material pohon tumbang, Jumat pagi. *es

loading...

Komentar