nusabali

Guru dan Kasek Perdalam Aplikasi Sikepo

  • www.nusabali.com-guru-dan-kasek-perdalam-aplikasi-sikepo

Sebanyak 144 guru dan kepala sekolah SMA/SMK se-Karangasem mengikuti diklat kinerja berbasis informasi dan teknologi, salah satunya sikepo (sistem kinerja pegawai online).

AMLAPURA, NusaBali

Tujuannya agar seluruh guru dan kasek menguasai IT dalam pengisian data pegawai menggunakan aplikasi Sikepo. Sistem ini mencatat seluruh kegiatan harian guru, pegawai, dan kasek secara online. Diklat digelar di aula STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Agama Hindu, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (5/3).

Ketua Panitia Diklat, I Ketut Marta Ariana, mengungkapkan diklat dibuka Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Ngurah Kartika. Sekaligus memberikan materi tentang kebijakan Disdikpora Karangasem terhadap SMA/SMK dan MA. Sementara Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Karangasem, Wayan Sugiana, mengatakan pentingnya memberdayakan Sikepo agar memudahkan membuat pelaporan setiap hari usai melakukan tugas. “Usai mengajar, setiap guru melaporkan apa yang diperbuat saat itu. Nantinya akan dinilai di akhir tahun,” katanya.

Materi Sikepo dibawakan oleh pegawai BKPSDM (Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia) Bali, Senin (11/3). Sedangkan narasumber dengan materi tentang perspektif Pendidikan SMA dan sederajat dibawakan Ketua Komisi IV DPRD Bali I Nyoman Parta. Dijelaskan, pendidikan selama ini telah berupaya membangun peradaban ke arah lebih baik. “Bersyukurlah berprofesi jadi guru yang selama ini mampu mendidik anak-anak bangsa menjadi cerdas, menciptakan sumber daya manusia hingga memunculkan ribuan profesi, termasuk mampu melahirkan politisi,” kata Nyoman Parta. Hadir pula memberikan materi dari anggota Komisi IV DPRD Karangasem I Gede Dana tentang ragam masalah pendidikan di Karangasem. *k16

Komentar