nusabali

23 PAUD Semarakkan Parade Ogoh-Ogoh Mini

  • www.nusabali.com-23-paud-semarakkan-parade-ogoh-ogoh-mini

Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941, DPK Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kabupaten Jembrana menggelar parade ogoh-ogoh yang dibawakan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun TK di depan Kantor Bupati Jembrana, Selasa (5/3) sore.

NEGARA, NusaBali

Dalam parade yang diikuti anak-anak dari 23 PAUD maupun TK se-Jembrana ini, anak-anak tampak bersemangat mengarak ogoh-ogoh, hingga membawakan iringan alat musik tradisional.  

Meski sekadar parade, anak-anak juga tampil maksimal. Ada yang membawakan iringan kecek, kul-kul (kentongan), hingga membawakan iringan tari-tarian. Tak jarang, tingkah polah anak-anak yang lugu, polos dan sulit diatur, membuat kesulitan para guru yang berusaha mengatur mereka, sehingga mengundang gelak tawa penonton yang memadati seputaran areal depan Kantor Bupati Jembrana. Selain para orangtua maupun keluarga dari anak-anak yang tampil dalam parade tersebut, juga tidak sedikit warga yang sengaja datang menyaksikan parade ogoh-ogoh mini itu, karena penasaran dengan tingkah menggemaskan para anak-anak tersebut.

Ketua Panitia, Made Meyrina, mengatakan parade ogoh-ogoh mini ini begitu antusias diikuti para anak-anak PAUD maupun TK se-Jembrana. Saking tingginya antusiasme peserta, panitia sampai membatasi jumlah ogoh-ogoh yang dibawakan masing-masing kelompok.

“Sebenarnya ada yang ingin membawakan banyak ogoh-ogoh. Tetapi mempertimbangkan waktu, dan banyak peserta yang ikut parade, kami batasi masing-masing kelompok maksimal 3 ogoh-ogoh,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, yang membuka sekaligus menyaksikan parade ogoh-ogoh mini tersebut, mengaku sangat gembira menyaksikan antusiasme anak-anak PAUD maupun TK dalam mengikuti parade ogoh-ogoh mini yang rutin digelar setiap tahun jelang Nyepi ini.

“Ini adalah upaya yang baik untuk melestarikan budaya jelang Nyepi. Saya berterima kasih kepada panitia atas penyelenggaraan parade ogoh-ogoh ini, dan penyelenggaraannya dari tahun ke tahun sudah menampilkan yang terbaik. Pelaksanaannya sudah sangat baik dan harapannya tahun depan bisa lebih meriah, lebih seru dan lebih heboh lagi sehingga tidak ada kesan monoton di tahun yang akan datang,” ujarnya. *ode

loading...

Komentar