nusabali

1.039 Ogoh-Ogoh Meriahkan Pangrupukan

  • www.nusabali.com-1039-ogoh-ogoh-meriahkan-pangrupukan

3.724 Aparat Amankan Panyepian di Gianyar

GIANYAR, NusaBali
Guna mengamankan pelaksanaan Pangrupukan, Rabu (6/3), jajaran Polres Gianyar menerjunkan ribuan petugas gabungan. Mereka ditugaskan di sejumlah titik wilayah hukum Polres Gianyar. Data di Bagian Ops Polres Gianyar tercatat 3.724 petugas gabungan dari Polri, Kodim 1616/Gianyar, organik, Satpol PP Gianyar, Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar dan Pecalang diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan pengerupukan.

Data ogoh-ogoh terakhir masuk dibagian Ops Polres Gianyar hingga Selasa (5/3) sore, mencapai 1.039 ogoh-ogoh yang tersebar dari tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. "Untuk mengamankan pelaksanaan pengerupukan serangkaian Hari Raya Nyepi, petugas yang kami dilibatkan mencapai 3.724 orang petugas gabungan. Sementara data ogoh-ogoh hingga saat ini tercatat 1.039 ogoh-ogoh,” kata Kabag Ops Polres Gianyar, Kompol Dewa Gede Maha Putra, SH didampingi Kasubag Humas Polres Gianyar, Iptu Ketut Suarnata, SH, Selasa (5/3).

Kabag Ops Maha Putra  mengatakan data ogoh-ogoh di masing-masing kecamatan yakni Kecamatan Sukawati 259 buah, Kecamatan Gianyar 218, Ubud 159, Blahbatuh 129, Tampaksiring 114, Payangan 100, dan Tegallalang 60, sehingga total 1.039 buah.

Untuk pengamanan pelaksanaan pengerupukan dengan melibatkan petugas gabungan mencapai 3.724 orang terdiri Polri sebanyak 997 orang sisanya dari zipur Kodim 1616/Gianyar, Mekanik, Satpol PP Gianyar, Dinas Peruhubungan Gianyar dan masing-masing pecalang. "Polri sendiri kita terjunkan 997 orang dalam pengamanan pengerupukan,” jelasnya.

Mengenai daerah rawan, pihaknya memberikan atensi di wilayah Sukawati. Mengingat, saat pengerupukan setahun lalu sempat terjadi ketegangan dua belah pihak. Namun kini polisi sudah melakukan berbagai upaya dengan mempertemukan kedua belah pihak untuk mengantisipasi tidak terulang kasus sebelumnya. "Kami terus lakukan atensi, sudah mempertemukan kedua belah pihak untuk ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Hari Raya Nyepi,” ungkapnya.

Secara umum, Kabag Ops Maha Putra minta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan demi lancarnya pelaksanaan hari raya Nyepi.

Maha Putra menambahkan pada Rabu (6/3) ini akan digelar apel gabungan pengamanan melibatkan semua pihak di halaman Mapolres Gianyar. Hal ini dilakukan dalam rangka pengamanan pelaksanaan pengerupukan dan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. *nvi

Komentar