nusabali

Melasti, Ribuan Pamedek Padati Pantai di Denpasar

  • www.nusabali.com-melasti-ribuan-pamedek-padati-pantai-di-denpasar

Upacara Melasti serangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1941 telah dilakukan umat Hindu di Kota Denpasar sejak Redite Paing Matal, Minggu (3/3) dan puncaknya pada Soma Pon Matal, Senin (4/3).

DENPASAR, NusaBali

Sejumlah pantai yang membentang di pesisir Denpasar dipadati umat Hindu untuk menggelar Melasti. Titik terpadat sebagai lokasi Melasti, kemarin, yakni Pantai Padanggalak, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur.

Sejak subuh hingga sore hari, umat Hindu dengan berbagai perlengkapannya datang silih berganti. Bukan hanya dari Denpasar, warga yang datang juga dari luar Denpasar. Pantauan di lokasi, umat Hindu dari sejumlah desa pakraman di Denpasar mulai berdatangan untuk menyelenggarakan pamelastian. Di Pantai Padanggalak, terlihat krama Desa Adat Tonja mengusung pretima di masing-masing pura desa setempat untuk disucikan di Pantai Padanggalak. Mereka datang dengan menggunakan puluhan kendaraan.

Sebelum Desa Tonja, di lokasi sudah terlihat umat dari Desa Adat Angantaka dan Desa Bekul yang sudah menggelar pamelastian di pantai tersebut sejak dinihari. Hingga siang kemarin, iring-ringan ribuan umat masih terus berdatangan untuk menggelar upacara pamelastian. “Hari ini (kemarin,red) merupakan puncak dari kegiatan melasti. Karena dilihat dari waktunya, sangat tepat dan tidak terlalu berdekatan dengan kegiatan lainnya saat Nyepi,” ujar salah seorang pengiring dari Desa Pakraman Tonja, Wayan Suparta.

Sementara Jro Mangku Pande dari Desa Pakraman Tonja mengatakan, rangkaian pelaksanaan Tawur Kesanga dan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1941, diawali dengan upacara Melasti. Kegiatan Melasti ini dilakukan oleh masing-masing desa pakraman sebagai simbul menyucikan alam semesta (bhuwana agung) dan juga diri sendiri (bhuwana alit) yang bertempat di laut dan juga sumber air lainnya.

Sehari sebelumnya, melasti juga sudah dilakukan Desa Pakraman Peguyangan, serta desa-desa lainnya di Denpasar Utara. Ribuan krama desa pakraman dengan menggunakan puluhan kendaraan telah memadati pantai yang berpasir hitam itu. Selain Pantai Padanggalak, Matahari Terbit dan Pantai Bali Beach, Sanur, beberapa pantai lainnya juga menjadi tempat pamelastian desa-desa pakraman di Denpasar.

Beberapa titik pantai di Denpasar yang juga dijadikan tempat Melasti, diantaranya Pantai Segara, Pantai Mertasari, Pantai Pamelisan, Suwung Kangin, Pantai Benoa (dekat Akame), kawasan sebelah timur Pura Candi Narmada.  *mi

Komentar