nusabali

KESEHATAN : Buah Bantu Kuruskan Badan

  • www.nusabali.com-kesehatan-buah-bantu-kuruskan-badan

Buah tak hanya segar dan kaya zat gizi. Makanan ini dapat membantu mencapai berat badan ideal. Beberapa jenis buah ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Mengapa buah bisa membantu menurunkan berat badan? Ini karena buah termasuk makanan rendah kalori tetapi tinggi serat. Buah dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak pun berkurang. Berikut ini ada berbagai buah untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa dikonsumsi, yaitu:
1. Apel.
Apel termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel besar dengan berat sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Beberapa penelitian menunjukkan fakta apel mampu membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang diterbitkan di PLoS Medicine menemukan fakta orang yang rutin makan apel kehilangan sekitar 0,56 kg beratnya per hari. Dari hasil penelitian juga diketahui apel yang dimakan utuh mampu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, apel juga mengandung banyak air yang membuat perut terasa penuh dan kenyang.

2. Semangka.

Semangka berkadar air tinggi. Karena itu, semangka menjadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan. Dengan makan beberapa potong semangka saja perut terasa kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan makanan yang lain menjadi berkurang. Jadikan semangka sebagai camilan sehat setiap kali merasa lapar dan ingin ngemil. Selain sehat dan selangkah lebih dekat ke berat badan yang ideal, semangka juga bisa memuaskan hasrat untuk makan makanan manis.

3. Kiwi.
Ketika mencari buah yang padat nutrisi dan bisa membantu menyukseskan diet, kiwi bisa dijadikan pilihan. Kiwi merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang melibatkan 41 orang prediabetes menemukan fakta makan dua buah kiwi per harinya selama 12 minggu membuat lingkar pinggang menurun sebesar 3,1 cm. Meski mengandung gula, kiwi memiliki tingkat glikemik yang rendah. Makan kiwi tidak membuat gula darah melonjak drastis. Selain itu, kiwi juga kaya akan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dan membuat kenyang lebih lama.

4. Melon.
Mirip seperti semangka, melon juga mengandung kadar air cukup tinggi. Melon juga kaya serat, kalium, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, dan likopen. Memakan 150 gram melon menghasilkan 46 sampai 61 kalori. Meski kenyang tetapi kalori yang masuk ke tubuh terbilang rendah. Nikmati potongan melon segar secara langsung atau mencampurkannya ke dalam salad buah.

5. Pisang.
Pisang termasuk buah padat kalori dibanding buah-buahan lainnya. Tapi pisang termasuk salah satu buah yang bisa dijadikan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan. Pisang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah sampai sedang sehingga bisa membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan. Selain itu, pisang juga kaya kandungan kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, serta berbagai vitamin. Cobalah untuk memasukkan pisang ke dalam menu diet seimbang. Ini karena pisang menjadi alternatif sehat yang bisa membantu mendapatkan berat badan ideal. Namun, tentu saja tak bisa menurunkan berat badan hanya dengan makan buah. Perlu usaha lainnya seperti menjaga pola makan dan olahraga untuk mendapatkan berat badan ideal.

Buah seringkali menjadi cemilan sehat bagi orang-orang yang sedang fokus menurunkan berat badan. Sebab, buah dikenal mengandung serat tinggi, dan mikronutrien penting. Namun, ternyata beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski gula alami, namun konsumsi dalam jumlah besar bisa mengganggu usaha penurunan berat badan. Jadi, amat penting untuk mengontrol asupan beberapa jenis buah. “Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, perhatikan porsi. Misalnya, segenggam (untuk ukuran buah apel) dan secangkir buah potong untuk ukuran melon atau nanas,” ujar Eliza Savage, ahli diet di Middleburg Nutrition di New York, Amerika Serikat.

Namun, jika tetap ingin memotong asupan gula. Maka kamu bisa meminimalisasi konsumsi buah-buah berikut:

*Buah kalengan dalam sirup. Ahli gizi tersertifikasi, Jillian Kubala menjelaskan, buah kalengan bisa menjadi pilihan buah yang menyehatkan sekaligus terjangkau, sepanjang buah tersebut tak diproses menggunakan sirup pemanis. “Pilihlah buah kalengan dalam air atau jus, ketimbang buah kaleng yang dicampurkan dengan sirup pemanis,” kata Jillian.

*Buah kering. Sedikit buah kering bisa menjadi cemilan yang enak, apalagi jika dikombinasikan dengan lemak sehat dan protein seperti kacang atau biji-bijian. Namun, mengonsumsi terlalu banyak buah kering bisa menambah berat badan. “Buah kering lebih berkalori daripada buah utuh segar dan mengandung lebih banyak gula persajian. Sebab, buah ini dipadatkan dan dikeringkan,” ujarnya.

Buah utuh mengandung air, sehingga akan membuat kita merasa kenyang dan terhidrasi. Sehingga, buah utuh menjadi pilihan yang lebih tepat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

*Smoothies. Minum buah yang dijadikan smoothie bisa menjadi pilihan sehat. Namun, perhatikan smoothie yang dikonsumsi. Smotthie dalam bentuk botol yang ditemukan di mini market bisa jadi justru mengandung sangat banyak gula. Jillian mengatakan, konsumsi smoothie botol sebanyak satu atau dua porsi sehari bisa benar-benar mengganggu usaha penurunan berat badan. Namun, jika masih ingin mengonsumsinya, buatlah sendiri di rumah. Pastikan memasukkan secangkir buah potong, kemudian tambahkan sayuran dan sumber protein. Untuk rasa, campurkan dengan susu almond tanpa pemanis.

* Nanas. Nanas bisa mengandung hingga 17 gram gula per satu cangkir sajian.

*Mangga. Mangga bahkan bisa mengandung hingga 22 gram gula per satu cangkir sajian. Ahli gizi tersertifikasi sekaligus pemilik The Nutrition Suite, Juliana Shalek mengatakan, mangga adalah pilihan yang tidak tepat saat berusaha menurunkan berat badan. Jika masih ingin mengonsumsinya. Perhatikan porsi sajian.

* Anggur. Pengarang The Diet Detox, Brooke Alpert menyebutkan anggur sebagai salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam konteks yang sama. Sebab, anggur mengandung banyak gula, dan per secangkir sajian bisa mengandung sekitar 16 gram gula.

* Semangka. Semangka terdengar sangat segar dan enak untuk dikonsumsi di tengah cuaca panas. Namun, perhatikan jumlah sajiannya. Secangkir semangka potong bisa mengandung hingga sembilan gram gula. Sementara, sepotong semangka bisa mengandung hingga 17 gram gula (sepotong sama dengan seperenamnya). *

loading...

Komentar