nusabali

Sayangi Ginjal dengan Minum Air

  • www.nusabali.com-sayangi-ginjal-dengan-minum-air

“Penderita ginjal dari tahun ketahun mengalami peningkatan untuk itu kita mengajak masyarakat untuk mengonsumsi air yang berimbang demi kesehatan ginjal”

Pernefri Kampanye Kesehatan Ginjal di Level 21 Mall Denpasar

DENPASAR, NusaBali
Air mineral sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Namun seringkali kebutuhan air minum 2 liter per hari tersebut diabaikan oleh orang dewasa belakangan ini. Karena itu, dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day), Perhimpunan Nefrologi Indonesi (Pernefri) Bali mengkampanyekan minum air yang cukup di Mall Level 21 Denpasar, Sabtu (2/3).

Ketua Pernefri (Perkumpulan Nefrologi Indonesia) Bali Prof Dr dr Ketut Suwitra SpPD mengatakan, kampanye minum air ini sebagai simbol untuk mengajak masyarakat membiasakan minum air yang cukup, karena air minum terutama sekali berhubungan dengan kesehatan ginjal.

“Sayangi ginjal dengan minum air yang cukup. Lewat acara kali ini kami juga mengedukasi masyarakat yang masih awam tentang kesehatan ginjal. Misalnya bagaimana bisa terjadi penyakit gagal ginjal, dan mengajak masyarakat untuk bergaya hidup sehat,” ujarnya.

Prof Suwitra menambahkan, Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) jatuh pada hari Kamis, minggu ke-2 setiap bulan Maret. Tahun 2019, Hari Ginjal Sedunia jatuh pada tanggal 14 Maret. Pernefri Koordinator Wilayah Bali, NTB dan NTT bakal menyelenggarakan serangkaian acara antara lain, Update Nephrology Scientific Communication 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang nefrologi.


Sementara itu, melalui kegiatan Pernefri Goes to School, Campus, Office, Mall, Pernefri berharap edukasi yang diberikan bisa menjadi wadah untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat pada umumnya dan kesehatan ginjal masyarakat yang lebih baik pada khususnya serta melakukan kegiatan pencegahan yang terjangkau terhadap terjadinya penyakit ginjal. Selain kampanye minum air, RSUP Sanglah juga memberikan demo cuci tangan di Mall Level 21 Denpasar. Cuci tangan sangat penting dilakukan dan merupakan cara yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit.

Direktur Utama RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana MKes yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, promosi kesehatan ini sengaja diadakan di luar RS sebagai upaya mendekatkandiri kepada masyarakat.  Mall dipilih untuk menyasar masyarakat metropolis dan milenial yang banyak memanfaatkan waktu akhir pekannya di mall. “Ini upaya pelayanan promotif RSUP Sanglah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui pengetahuan dini tentang kesehatan ginjal. Penderita ginjal dari tahun ketahun mengalami peningkatan untuk itu kita mengajak masyarakat untuk mengonsumsi air yang berimbang demi kesehatan ginjal,” katanya.

Dirut Sudana juga menyampaikan, saat ini pelayanan cangkok ginjal telah dijadikan pelayanan unggulan di RSUP Sanglah. Pelayanan yang dimulai akhir tahun 2016 tersebut setidaknya telah melayani 16 pasien cangkok ginjal yang berhasil menjalani operasi dengan baik. *ind

Komentar