nusabali

Barca Unggul Head to Head atas Madrid Setelah 87 Tahun

  • www.nusabali.com-barca-unggul-head-to-head-atas-madrid-setelah-87-tahun

Kemenangan 1-0 atas Real Madrid di Santiago Bernabeu jadi catatan spesial Barcelona.

MADRID, Nusa Bali
Ya, pertama kali dalam 87 tahun Barca unggul jumlah kemenangan. Barcelona menang 1-0 di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3) dinihari WITA, pada laga pekan ke-26 LaLiga.

Kemenangan itu yang kedua beruntun Blaugrana, usai membungkam Los Blancos 3-0 di tempat yang sama pada leg kedua semifinal Copa del Rey, di Rabu lalu. El Clasico malam itu menjadi edisi ke-242 di ajang kompetitif.

Kini Barca memimpin klasemen LaLiga dengan 60 poin dari 26 laga. Barca unggul 10 angka dari Atletico Madrid di tempat kedua dari 25 laga. Sedangkan Madrid tetap di posisi ketiga dengan 48 poin atau tertinggal 12 angka dari Barca.

Pada laga itu Barca secara resmi mengungguli Madrid dalam jumlah kemenangan di El Clasico. Kini Barca menang 96 kali atau satu kali lebih banyak dari Madrid. Keunggulan itu diraih Barca setelah berjuang 87 tahun.

Sebelum ini, terakhir kali Barca unggul head to head pada tahun 1932, atau sebelum El Clasico pada 31 Januari 1932. Kala itu Barca unggul kemenangan 6 berbanding 5 atas Madrid. Tapi kemenangan Madrid 2-0 di Chamartin Stadium pada laga itu menyamakan kedudukan 6-6.

Sejak saat itu, Madrid terus memimpin jumlah kemenangan atas Barcelona. AS mencatat pada 1965, selisih kemenangannya di angka 16 (48 berbanding 32). Keunggulan itu dijaga Madrid, hingga periode kebangkitan Barca usai milenium baru. Lalud di El Clasico edisi 242, Madrid akhirnya disalip Barcelona, Minggu dinihari WITA.

Pada El Clasico kali ini, sejatinya Madrid banyak melepaskan tembakan dibandingkan Barcelona. Namun Barca berhasil mencetak gol lewat Ivan Rakitic (menit ke-26) dan akhirnya menang,

Padahal Los Blancos ngotot sejak menit pertama sampai laga tuntas. Ada 17 tembakan dan tiga mengarah ke gawang. Barca, yang unggul penguasaan bola 52 persen, melepas empat tembakan on target dari 10 percobaan.

"Kami mencoba yang terbaik dan tidak menyerah. Itu pertandingan yang sulit, serius dan intens dari kedua belah pihak," kata pelatih Madrid Santiago Solari di situs resmi klub.

Meski Barca memperlebar jarak dengan Madrid menjadi 12 poin, namun pelatih Barca Ernesto Valverde menolak mencoret Los Blancos dari persaingan juara LaLiga. Menurut Valverde, jika Barca tersandung di laga lainnya, Madrid masih dapat menyusul karena ada 36 poin dari 12 laga yang mungkin disapu bersih.*

Komentar