nusabali

Lima Relawan Bergabung Amankan Jalur Melasti

  • www.nusabali.com-lima-relawan-bergabung-amankan-jalur-melasti

Lima relawan bergabung dan siap mengamankan jalur melasti Ida Bhatara Kabeh di Pura Besakih yang dilaksanakan pada Saniscara Umanis Medangkungan, Sabtu (2/3) hingga Soma Pon Matal, Senin (4/3) mendatang.

AMLAPURA, NusaBali

Relawan membangun enam pos penjagaan tempat berjaga-jaga, di samping sebagian petugas melakukan tugas keliling.

Kelima relawan itu yakni Rapi Lokal Karangasem, Satgas TRC-IKB (Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana) Rapi Wilayah 04 Karangasem, Pasebaya Agung, Orari Lokal Karangasem, dan PMI Karangasem. Mereka bersinergi dengan polisi, TNI, dan pecalang selama bertugas di lapangan. Hal itu terungkap dalam paruman melibatkan segenap relawan dan petugas keamanan di Bale Pasandekan Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jumat (1/3).

Paruman tersebut dikoordinasikan Ketua Panitia Karya Agung Panca Walikrama lan Ida Bhatara Turun Kabeh, Jro Mangku Widiarta. Hadir pula dari BPBD Karangasem, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, serta pecalang. Juga hadir dari Orari Lokal Klungkung, Rapi Klungkung, dan BPBD Klungkung. Dalam paruman tersebut juga disepakati berbagi tugas, menempati enam pos yang dibangun serta yang bertugas keliling menggunakan mobil bak terbuka.

Ketua Rapi Lokal Karangasem, I Komang Budiasna, mengoptimalkan Rapi Kecamatan Selat yang dipimpin I Kadek Wirta, Rapi Kecamatan Sidemen dipimpin Made Panggih, dan Rapi Kecamatan Rendang dipimpin I Dewa Joni. Sedangkan Satgas TRC-IKB Rapi Wilayah 04 Karangasem dipimpin langsung Jro Mangku Widi Adnyana. “Kami melibatkan 50 anggota Rapi Lokal Karangasem,” jelas Komang Budiasna.

Sebanyak enam pos yang telah disepakati sebagai tempat penjagaan yang mana petugas yang berjaga-jaga merupakan gabungan relawan, Polri, TNI, BPBD, Pos Pencarian dan Pertolongan serta  pecalang. Pos I Desa Besakih, Pos II perempatan Desa Menanga Kecamatan Rendang, Pos III Banjar Singarata Desa Rendang, Pos IV Pasar Desa Nongan, Pos V Pertigaan Kabupaten Bangli, dan Pos VI Desa Pesaban.

Sekretaris Pasebaya Agung Karangasem, I Wayan Suara, mengaku telah siap ngayah, berjaga-jaga di enam pos. “Kami telah berbagi tugas, bersinergi di lapangan dengan relawan dan petugas pemerintah,” kata Wayan Suara. Para relawan yang bergabung dalam pengamanan kelancaran melasti itu membantu bidang komunikasi. Jika ada pamedek memerlukan bantuan kesehatan, relawan langsung mengomunikasikan agar cepat dapat penanganan. *k16

Komentar